Sukses

Lampu Gantung Unik Ini Raih ’Red Dot Design Award’

Lampu gantung dengan desain unik ini telah dievaluasi oleh 38 orang juri, bersaing dengan 4.928 desain lainnya dari 56 negara.

Liputan6.com, Jakarta Lampu gantung unik ini mendapatkan penghargaan ‘Red Dot Design Award’ atas bentuk desain-nya. Ini merupakan ajang kompetisi desain bergengsi di dunia. Lampu Gantung IKEA PS 2014 memperoleh ‘An Honourable Mention’ atas aspek pekerjaan desain yang terealisasi dengan baik, solusi desain yang menyeluruh serta bagaimana pencahayaan yang dihasilkan memberi suatu kejutan unik dengan sistem mekanik yang sederhana namun memberikan fungsi redup yang efektif. Produk ini telah dievaluasi oleh 38 orang juri bersaing dengan 4.928 desain lainnya dari 56 negara.

Lampu gantung IKEA PS 2014 terinspirasi oleh film-film fiksi dan permainan video. Sebuah mekanisme sederhana yang mengubah kontur pencahayaan, hanya dengan menarik tali, bentuk bayangan lampu dan intensitas dari cahaya yang keluar dapat berubah. Sementara saat lampu terbuka lebar, lebih banyak cahaya yang menyebar sehingga menciptakan efek pencahayaan yang menarik pada dinding.

Björn Block, Range Manager IKEA, seperti dalam rilis yang diterima Liputan6.com mengungkapkan, “Saat seseorang membaca majalah eksklusif, dan mereka menemukan lampu idamannya, orang akan langsung membayangkan harganya yang mencapai ribuan Euro. Kami ingin merealisasikan aspirasi ini menjadi kenyataan dengan memungkinkan kreativitas menjadi sesuatu yang nyata, seperti halnya lampu gantung IKEA PS 2014, dengan harga yang rendah.”

Lampu Gantung IKEA

Professor Dr Peter Zec, Pendiri dan CEO dari Red Dot Award mengatakan, “Selama 60 tahun, para ahli desain terkemuka telah menggelar suatu ajang setiap tahunnya untuk mencari bentuk desain terbaik. Tahun ini, kami mendapatkan sejumlah 5.000 peserta, jumlah yang fantastis bagi para anggota juri untuk mengevaluasi setiap produk, dan memberi penilaian khusus berbasis standard yang tinggi terhadap keunikan yang ditampilkan masing-masing desain.  Penerima Red Dot Award: Product Design 2015telah menunjukkan pencapaian yang sangat tinggi dan oleh sebab itu layak memenangkan ajang ini pada kompetisi desain terbesar di dunia.” 

Upacara penyerahan Red Dot Award diselenggarakan pada 29 Juni 2015 yang lalu. Produk-produk yang memenangkan penghargaan ditampilkan pada pameran khusus bertajuk ‘Design on Stage’sebelum dipamerkan secara permanen di Museum Red Dot yang berkedudukan di Jerman.

Lampu gantung IKEA PS 2014 dengan versi warna orange dan toska selama ini telah tersedia di toko IKEA dan sangat diminati oleh para pelanggan sejak diperkenalkan pada April 2014. Pada Agustus mendatang, IKEA akan menampilkan edisi baru dengan warna perak dan tembaga.

(ibo/igw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini