Sukses

Hati-hati, Jangan Hanya Terpesona Keindahan Kawah Merapi

Meski Indah, pastikan keselamatan terlebih dahulu sebelum mendekati Kawah Merapi.

Liputan6.com, Jakarta Keindahan yang dimiliki Gunung Merapi memang tak pernah habis. Namun, perlu berhati-hati ketika sudah mencapai puncak Kawah Merapi. Jangan sampai peristiwa terpelesetnya mahasiswa semester VI Fakultas Teknik Universitas Atmajaya Yogyakarta, Eri Yunanto, terulang kembali.

Eri Yunanto tak sengaja terpeleset setelah mengabadikan momen di tepi puncak Kawah Gunung Merapi. Ia jatuh ke dalam Kawah Merapi. Pencarian dirinya sulit dilakukan karena terkendala oleh cuaca.

Memang mengabadikan momen atau ber-selfie ria sudah menjadi hal yang lumrah di masa kini. Namun, apabila harus melakukan pelanggaran demi mendapatkan hal tersebut, nampak bukan hal yang tepat. Menjaga keselamatan diri dan sesama tentu harus menjadi priotitas utama.

Pilihan wisata yang lebih aman. Seperti yang dikutip dari laman Indonesia.Travel, Rabu (20/5/2015), beberapa paket wisata juga dapat memberikan pengalaman mendekati terjangan awan panas dan lava Merapi yang sudah dingin, terutama di Dusun Manggung, Umbulharjo.

Foto Kawah Merapi diambil dari laman TripAdvisor pada Senin (18/5/2015)

Wisata lava meliputi kawasan Manggung, Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan. Di daerah-daerah tersebut, lava dingin mencapai ketinggian hingga 20 meter. Bahkan, pengunjung diperbolehkan melihat kondisi material Merapi yang masih panas maupun perkampungan yang terbakar.

Dari kawasan tersebut pula, pengunjung dapat melihat puncak Merapi yang menjulang setinggi 2.968 meter di atas permukaan laut (dpl) yang diselimuti dengan asap sulfatara yang mengepul dari kawah. Namun, semua paket tersebut dapat dinikmati apabila Kawah Merapi sedang dalam kondisi normal dan tidak masuk pada zona rawan Merapi. Radius jarak juga sangat diperhatikan demi keselamatan.

Sementara itu, apabila tetap merasa tidak aman dengan wisata tersebut, terdapat pula wisata ke Museum Gunung Api Merapi (MGM). Lokasinya terletak di lereng selatan Gunung Merapi, tepatnya di di Desa Harjobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, atau sekitar 5 km dari kawasan obyek wisata Kaliurang.

Jadi, jangan hanya terpukau dengan keindahan alam yang dimiliki Kawah Merapi, tetapi pastikan pula keselamatan diri Anda. Terlebih, ketika ingin mengabadikan momen indah tersebut. (auf/ret)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.