Sukses

4 Cara Menjaga Beras Terhindar dari Serangga

Bagaimana cara agar beras terhindar dari serangan serangga?

Liputan6.com, Jakarta Apakah lemari dapur sering dihinggapi oleh serangga? Mereka menghinggapi makanan keseharian Anda seperti beras, tepung, dan cabai? Menyebalkannya, mereka tak hanya mengganggu pemandangan, tetapi juga menghancurkan persediaan makanan.

Timbulnya kutu pada beras merupakan hal yang paling umum terjadi. Seperti kita ketahui, beras merupakan bahan makanan paling krusial bagi masyakarat kita. Uang akan semakin terbuang percuma dan ancaman bagi kesehatan datang dari serangga yang menghinggapi beras.

Jadi, sangat diperlukan upaya untuk memberantas `penjajahan` serangga yang menggangu tersebut. Berikut ulasan yang dilansir dari laman Boldsky, Senin (11/5/2015): (auf)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menyingkirkan Serangga pada Beras 1-2

1. Simpan beras di dalam freezer

Coba simpan beras di dalam freezer, bisa juga di dalam kulkas bagian atas, selama 4-5 hari. Proses tersebut akan membunuh serangga dan mencegah bibit serangga yang akan menetas.

2. Tempatkan beras di kantung plastik

Perlindungan beras dari serangga bisa dilakukan dengan menggunakan kantung plastik. Langkah ini lebih praktis dibanding menyimpannya di dalam kulkas, terlebih jika persediaan beras berjumlah besar.

3 dari 3 halaman

Menyingkirkan Serangga pada Beras 3-4

3. Segera kosongkan persediaan

Jika sudah menemukan serangga di dalam beras, segera kosongkan persediaan beras tanpa menundanya. Jika tidak begitu yakin, letakkan di dalam freezer atau kulkas selama 4-5 hari setelah dipindahkan ke dalam plastik.

4. Semprotkan insektisida

Cuci bersih lemari penyimpanan dengan air dan sabun, bilas dengan spons dan biarkan mengering sendiri. Kemudian, semprotkan insektisida dan tunggu selama 4-6 jam sebelum menyimpan kembali beras.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini