Sukses

Dilego Seharga 2 Mobil, Warga Bengkulu Ogah Lepas Batu Akiknya

Mustika kecubung wulung motif junjung derajat ditawar seharga dua mobil.

Liputan6.com, Bengkulu Kecintaan terhadap batu mulia tidak menggoyahkan DR Ir H Herawansyah Ikram ST MT, kolektor asal Bengkulu untuk melepaskan koleksi batu Mustika Kecubung Wulung bermotif Junjung Derajat miliknya. Padahal, tawaran untuk melepas koleksi terbaiknya itu adalah 2 unit Mobil Pajero Sport yang ditaksir hampir senilai Rp 1 miliar.

"Ini hadiah dari istri saat saya berulang tahun ke 47 beberapa waktu lalu, jadi berat bagi saya untuk melepaskan, padahal harga yang ditawar salah seorang kolektor dari Jakarta itu luar biasa," ujar Herawansyah di Bengkulu (19/3/2015)

Batu Mustika kecubung wulung berwarna hitam gelap yang bila disenter muncul motif junjung derajat itu kata Herawansyah dibeli sang istri dari pamannya seharga 1 juta rupiah dan diikat dengan emas putih seberat 20 gram yang dibalut mutiara sirkon senilai 8,5 juta rupiah.

Rencananya mustika yang selalu dikenakan di jari manis sebelah kanan itu akan diikutkan dalam kontes yang akan digelar pada tanggal 26 Maret 2015 mendatang di Bengkulu Indah Mall.

Dalam beberapa kesempatan, cincin yang selalu dikenakan ketua Lembaga Pengkajian Jasa Konstruksi (LPJK) Bengkulu itu dilirik para pecinta batu mulia, salah satunya pernah ditawar seorang rekannya saat dia ikut rapat di Kementrian Pekerjaan Umum dan menawar dengan harga 400 juta rupiah. Tetapi dia memberi alasan bahwa cincin itu adalah tanda cinta sang istri yang saat ini menjabat sebagai ketua Komisi I DPRD Kota Bengkulu itu, rekannya bisa memahami.

Tawaran tertinggi dia terima saat sedang menunggu pesawat di salah satu restoran di Bandara Soekarno Hatta ketika hendak pulang ke Bengkulu, seorang pria asal Jawa Tengah tertegun dengan cincin yang dipakainya dan mencoba memakai di jarinya. Orang itu mengatakan bahwa didalam Mustika yang dipakainya itu terdapat Khodam yang dipercaya bisa membawa keberuntungan.

"Kami saling bertukar nomor telepon, dan sering berkomunikasi hingga sekarang. Waktu itu dia sempat mengajak barter cincin saya dengan satu Mobil Pajero Sport baru, tapi saya tolak dengan halus," tambah Herawansyah dan menolak menyebut nama salah seorang petinggi militer berbintang dua tersebut.

Belakangan, lanjut saudara sepupu Ibu Megawati Soekarnoputri ini, orang itu terus menelpon dan menawar dua kali lipat dari tawaran pertama yaitu minta dibarter dengan 2 unit mobil Pajero Sport baru.

"Bukannya menolak, sangat sulit mendapatkan koleksi seperti ini, apalagi ini hadiah ulang tahun dari istri, jika sangat terpaksa dan tidak punya uang lagi mungkin barang lain yang saya jual, bukan cincin ini," lanjutnya.

Selain Mustika Kecubung Wulung, Herawansyah juga mengkoleksi batu Natural Green Safir, Blue Safir, Black Diamond dari Africa dan beberapa batu lokal seperti Red Rafflesia Fanta dan White Calcedonny. (Yuliardi Hardjo Putra/Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.