Sukses

Tips Bikin Langit Rumah Terlihat Lebih Tinggi

Berikut adalah tips untuk membuat langit-langit ruangan di rumah terasa lebih tinggi dan lapang.

Liputan6.com, Jakarta- Langit-langit rumah yang rendah memang memiliki banyak kekurangan. Selain membuat hawa di dalam ruangan lebih gerah, ruangan juga terasa lebih sempit.

Dilansir melalui Rumah.com, untuk membuat ruangan terasa lebih tinggi dan lapang, ada sembilan trik yang dapat Anda lakukan di rumah:

1. Cat langit-langit dengan warna putih
Warna putih di langit-langit memantulkan cahaya sehingga menciptakan efek tinggi dan luas.

2. Warna yang lebih cerah
Putih tidak selalu jadi warna ideal buat setiap ruangan. Jangan selalu memakai warna putih jika Anda bisa memilih warna lain. Pilihlah warna-warna sejuk, terutama warna pastel. Hal terpenting adalah warna langit-langit yang dipilih harus lebih cerah dari warna dinding.

3. Gunakan garis vertikal
Membuat langit-langit terasa lebih tinggi dapat dilakukan dengan garis-garis vertikal di dinding—baik dengan mengecat dinding atau memasang wallpaper bergaris.

4. Hindari aksesori di langit-langit
Langit-langit yang rendah sebaiknya dibuat polos. Pemakaian banyak aksesori—seperti kipas atau lampu—akan membuat langit-langit terasa lebih dekat.

5. Pencahayaan
Sebaiknya pencahayaan ruangan diletakkan di dinding, bukan di langit-langit. Hindari penggunaan lampu sorot, karena distribusi cahayanya tidak merata dan membuat langit-langit tampak lebih rendah.

6. Gorden panjang
Gantunglah tirai panjang setinggi mungkin, jika mungkin dari langit-langit hingga lantai. Hal ini akan menciptakan efek tinggi pada dinding.

7. Menggantung lukisan lebih tinggi
Ini trik tipuan mata yang dapat memberikan kesan dinding lebih tinggi. Sebaiknya gantung bingkai foto atau lukisan lebih tinggi dari pandangan horisontal mata.

8. Gunakan cermin besar
Tutup sebagian besar dinding dengan cermin besar. Selain membuat ruangan terasa lebih luas, efek cermin akan membuat langit-langit tampak lebih tinggi.

9. Cat dinding dengan gradasi warna
Dinding bisa dicat dengan teknik “faux finish”. Buat bagian bawah dinding lebih gelap dari bagian atas. Gradasi warna ini akan menciptakan efek visual lebih luas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini