Sukses

India Ternyata Miliki Kembaran Taj Mahal?

Bibi Ka Maqbara jadi kembaran Taj Mahal di India

Liputan6.com, India Anda pasti telah mengenal Taj Mahal, sebuah monumen yang terletak di Agra, India yang juga menjadi sebuah bentuk cinta seorang Maharaja India.

Tapi tahukah Anda, jika di India juga terdapat satu tempat lagi yang disebut-sebut sebagai kembaran Taj Mahal bernama Bibi Ka Maqbara seperti yang dilansir dari Amusingplanet, Rabu (12/11/2014).

Monumen bernama Bibi Ka Maqbara atau yang berarti "makam seorang wanita" ini berdiri megah dengan luas 458 meter x 275 meter serta dihiasi dengan taman dan kolam panjang yang mirip dengan di Taj Mahal. Tak hanya itu, empat menara di bangunan ini juga hampir persis dengan Taj Mahal.

bibi-ka-maqbara-taj-mahal

Hal yang membedakan Bibi Ka Maqbara dengan Taj Mahal adalah bahan bangunannya. Taj Mahal menggunakan marmer putih sehingga membuatnya terlihat cerah. Sedangkan Bibi Ka Maqbara agak terlihat kusam karena hanya menggunakan marmer biasa.

Menurut catatan, Bibi Ka Maqbara dibangun dengan biaya sebesar 700 ribu Rupee (setara Rp 138 juta). Ini tentu berbanding sangat jauh dengan Taj Mahal yang menghabiskan 32 juta Rupee (setara Rp 6,3 miliar).

Sementara itu, Bibi Ka Maqbara yang terletak di Aurangabad di Maharashtra, dibangun oleh Pangeran Azam Shah, putra keenam Kaisar Mughal Aurangzeb. Monumen yang dibangun antara 1651 dan 1661 masehi ini, merupakan makam ibu Pangeran Azam, Dilras Banu Begum.


Berikut tampilan Bibi Ka Maqbara dari dekat:

bibi-ka-maqbara-9

bibi-ka-maqbara-3

bibi-ka-maqbara-7

bibi-ka-maqbara-10

bibi-ka-maqbara-2

bibi-ka-maqbara-4

bibi-ka-maqbara-5

bibi-ka-maqbara-6

bibi-ka-maqbara-8

bibi-ka-maqbara-12

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini