Sukses

Megahnya Hutan Batu di Cina

Shilin Stone Forest, akan berikan pengalaman berbeda lewat ratusan 'pohon batu'.

Liputan6.com, Yunnan Selain terkenal dengan Tembok Besar Cina, kuil-kuil peribadatan dengan arsitektur yang khas dan pasar tradisional, ternyata Cina masih memiliki primadona destinasi wisata lainnya yang tak kalah menarik.

Seperti yang dilansir dari Amusingplanet, Senin (21/4/2014), di Cina, ada satu destinasi wisata menarik yang terbentuk karena suatu fenomena alam yang tak banyak ditemukan di tempat lain. Fenomena tersebut yaitu adanya hutan yang bukannya ditumbuhi rimbunan pohon, melainkan batu.

Hutan batu atau stone forest di Cina bagian selatan sudah diresmikan UNESCO sebagai situs warisan budaya dunia. Masyarakat menamakan hutan batu itu Shilin. Hutan ini sendiri terletak di Shilin Yi Otonomi County, Provinsi Yunnan, atau sekitar 120 kilometer dari provinsi Kunming.

Disebut hutan karena memang bebatuan yang ada di areal ini menyerupai pepohonan tinggi yang tumbuh subur di hutan. Entah berapa banyak batu-batu yang berdiri kokoh di sini, sehingga menciptakan ilusi hutan. Konon, hutan batu ini sudah ada sejak 270 tahun silam.

 

Masyarakan setempat percaya jika batu-batu ini diciptakan oleh para dewa dengan membelah gunung. Dahulu tempat ini pun digunakan sebagai tempat persinggahan pasangan. Karena itu, mereka percaya jika pasangan yang mengunjungi hutan ini akan memiliki umur panjang dalam hubungan mereka.

Lebih lanjut, hutan pohon batu yang tertanam di areal seluas 80 hektar dan yang terbentuk dari erosi angin dan air sejak ratusan tahun lalu ini memiliki bagian menarik lainnya yaitu Bright Summit Park atau puncak cerah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.