Sukses

Jalinan Works Fashion Brand, untuk Anak Muda yang Mencintai Wastra Indonesia

Karya-karya Jalinan terinspirasi oleh kekayaan etnis dan budaya Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Para peragawati tampil cantik dan anggun dalam balutan busana muslim casual dengan nuansa etnik melalui wastra Indonesia seperti, tenun, batik, lurik, dipadu padan dengan kain katun, linen, dan viscose di fashion show Ramadhan Runway.

Menampilkan karya Dave Tjoa, desainer yang tergabung dalam Jalinan Works ini tampil pertama pada fashion show Ramadhan Runway, di mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, 19 April 2023.

Ramadhan Runway 2023 digelar oleh Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) dan Kota Kasablanka, menampilkan karya para desainer Indonesia mulai 12-30 April 2023.

Jalinan Works merupakan merek fashion yang memproduksi baju-busana casual, semi formal, dan formal untuk berbagai aktivitas dengan desain-desain modern dan trendy. Busana tersebut menggunakan Wastra Indonesia seperti kain tenun batik, lurik.

"Melalui wastra Indonesia, kami ingin mengajak lebih banyak anak muda mencintai Wastra Indonesia melalui fashion yang digunakan dalam keseharian," kata Dave Tjoa di acara tersebut.

Menurut dia, mencintai Wastra Indonesia harus dimulai dari pakaian yang dikenakannya. Indonesia kaya dengan Wastra. Jika banyak anak muda mencintai Wastra Indonesia melalui pakaian yang dikenakannya saya optimis Wastra Indonesia akan semakin diminati.

Dave mengatakan, karya-karya Jalinan terinspirasi oleh kekayaan etnis dan budaya Indonesia, dengan pola dan bahan yang dipadu sehingga menghasilkan keunikan tersendiri dan menciptakan perpaduan mode tradisional dan Kontemporer. Jalinan Works lahir dari kecintaannya terhadap kain nusantara.

"Kekayaan kain nusantara itu, kami jalin menjadi outfit sehari-hari maupun untuk acara-acara tertentu seperti lebaran saat ini, kantor, mall maupun hangout yang dapat digunakan oleh anak-anak muda," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dongkrak Perekonomian

Direktur Jalinan Works Yola Tobing menyatakan, melalui jalinan kita ingin mendongkrak perekonomian usaha kecil menengah, sekaligus melestarikan budaya Indonesia yang sangat kaya namun terancam terkikis perkembangan jaman dan teknologi.

Dalam membuat produk fashion, Jalinan menitik beratkan pada modern fashion with ethnic accent. Produk-produk Jalinan Works, tidak diproduksi secara massal sehingga menawarkan karya unik yang spesial bagi konsumen.

Menurut dia, Jalinan Works juga ingin menjadikan karya-karyanya terus bercerita mengenai kekayaan dan keindahan kain-kain tradisional Indonesia. Juga berbagi makna-makna, filosofi, nilai budaya dan narasi-narasi yang terkandung.

Jalinan Works berharap dapat berkontribusi mendukun pengrajin lokal (UKM) di berbagai daerah. Selain pakaian, Jalinan Works menawarkan produk beraksen etnis lainnya seperti syal, selendang, obi, dan produk lainnya yang akan hadir diwaktu mendatang.

Produk-produk Jalinan Works masuk pada kategori harga affordable premium yakni bernilai tinggi namun terjangkau. Produk ini dapat dilihat pada akun Instagram @jalinanworks dan Tokopedia dengan nama Jalinan Works.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini