Sukses

Main ke Hutan Kota Trenggalek Wajib Bawa Gawai, Kenapa?

Gambar dalam hasil pindaian juga menampilkan detail tanaman yang mungkin sulit dilihat langsung oleh pengunjung yang memindai dengan Qr Code

Liputan6.com, Jakarta Digitalisasi menjadi peluang yang dimanfaatkan Kota Trenggalek Jawa Timur sebagai pelengkap dari upaya mengenalkan sektor wisata di kota ini.

Inovasi digital pun dikembangkan pemerintah setempat dengan memberi sentuhan qr code di sejumlah pohon kawasan Hutan Kota Trenggalek. Apabila kode QR tersebut dipindai dengan gawai, akan muncul informasi tentang tanaman yang dipindainya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kota Trenggalek Jawa Timur Sunyoto mengatakan sengaja membuat arboretum digital sebagai pelengkap informasi wisata di Trenggalek.

Dia mengatakan ketika pengunjung memindaikan QR code ke pohon, maka akan keluar informasi lengkap. Mulai dari nama latin, penjelasan soal tanaman, serta foto-foto tambahan.

Foto tambahan yang muncul lewat hasil pindaian bisa menambah pengetahuan masyarakat untuk mengetahui kondisi pohon atau tanaman di musim yang lain.Misalnya, bagaimana gambar atau bentuk ketika pohon dan tanaman berbuah, bunga.

Gambar dalam hasil pindaian juga menampilkan detail tanaman yang mungkin sulit dilihat langsung.

"Arboretum Digital ini juga untuk memberikan informasi tentang jenis-jenis pohon yang ada di hutan kota," ungkapnya Minggu (20/2/2022).

Maka dengan adanya data pelengkap hutan kota melalui Qr Code, diharapkan hutan kota bukan hanya menjadi tempat wisata terbuka. Melainkan juga bisa digunakan untuk lokasi pendidikan untuk mengenal jenis-jenis flora.

"Kami harap selain bisa dijadikan tempat untuk mengenal jenis flora, tapi juga bisa dijadikan tempat untuk belajar diruang terbuka," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.