Sukses

Akhir Damai Kasus Perusakan Patung Penjaga Pura Joyo Amijoyo Kediri

Pelaku ternyata seorang pemuda yang tak sengaja menyenggol patung tersebut.

Liputan6.com, Kediri - Kasus dugaan perusakan patung penjaga yang berada di Pura Joyo Amijoyo, wilayah Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, Jawa Timur akhirnya terungkap. Patung tersebut ternyata tak sengaja dirusak oleh Toni (20), pemuda setempat. 

"Jadi tak sengaja dirusak oleh Toni, saat itu malam-malam dia ini lagi berjalan disekitar pura dan tak sengaja menyenggol patung itu," kata Kapolres Kediri, AKBP Wahyudi, Minggu (20/2/2022).

Wahyudi menerangkan bahwa pihak kepolisian pun telah memediasi antara Toni bersama keluarga dengan pihak pengelola Pura Joyo Amijoyo Kediri. Kasus tersebut pun dihentikan penyelidikannya usai pengelola pura menerima permohonan maaf Toni. 

"Pihak pura menerima permintaan maaf Toni, dan sepakat kedua belah pihak tidak akan memperpanjang peristiwa tersebut. Warga sepakat tetap menjaga kerukunan beragama di Desa Kalipang yang semala ini sudah terjalin dengan baik," terang Wahyudi.

Sementara itu, ayah kandung Toni, Tukimin mengaku selama dua hari terakhir anaknya merasa takut keluar rumah usai tak sengaja merusak patung penjaga tersebut. Ia juga sama sekali tak curiga bahwa ternyata putranya lah yang menjadi pelaku. 

"2 hari takut keluar rumah dia juga gak ngomong. Nanti anak saya baru mau ngomong itu setelah pak Kapolres mengganti patung tersebut," ucap Tukimin. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.