Sukses

Mengintip Ragam Inovasi Digitalisasi di Kota Cianjur

Data dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyebutkan, nilai ekonomi digital Indonesia pada 2023 mencapai USD 82 miliar atau tumbuh 8 persen ketimbang tahun sebelumnya.

Liputan6.com, Cianjur - Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat merupakan keniscayaan yang membuat bisnis dan perekonomian mengalami perubahan. Perlahan namun pasti, semua sektor bisnis dan industi kini berlomba memanfaatkan teknologi untuk beradaptasi di era digital. Alhasil, tuntutan akan hadirnya layanan digitalisasi untuk solusi bisnis semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Data dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyebutkan, nilai ekonomi digital Indonesia pada 2023 mencapai USD 82 miliar atau tumbuh 8 persen ketimbang tahun sebelumnya. Angka ini diproyeksi terus meningkat, sehingga pemerintah pun mengandalkan digitalisasi sebagai salah satu mesin pertumbuhan ekonomi baru.

Melihat peluang yang masih sangat terbuka dalam perekonomian digital di Tanah Air, perusahaan lokal asal Cianjur, PT. Sentosa Data Solusindo, menghadirkan layanan dan solusi digitalisasi bagi masyarakat. Berdiri sejak 2023, perusahaan ini turut mendukung percepatan ekonomi digital dengan menyediakan layanan bagi para UMKM dan menciptakan beberapa platfom dan aplikasi.

“Kami percaya bahwa teknologi dapat menjadi alat yang kuat untuk memberdayakan bisnis dan masyarakat. Oleh karena itu, kami terus berinovasi dan mengembangkan solusi yang relevan dengan perkembangan zaman, membantu klien mencapai tujuan digital dan meningkatkan kinerja bisnis mereka secara signifikan,” ujar Direktur Teknologi PT. Sentosa Data Solusindo, Melvin Gilbert, Sabtu (31/5/2024)

Ia membangun rumah perangkat lunak (software) bernama Sentosa Media sebagai solusi komprehensif dan inovatif bagi para pengusahan kecil dan menengah (UMKM). Ini adalah sub divisi dari PT. Sentosa Data Solusindo yang fokus melayani UMKM dalam meningkatkan kehadiran mereka di dunia online dan mengoptimalkan operasi melalui teknologi canggih.

“Layanan digital ini mulai dari pembuatan website landing page hingga pengembangan sistem informasi manajemen toko, keuangan dan pabrik. Kami juga mengembangkan ERP kompleks dan terintegrasi, membantu bisnis mengelola berbagai aspek operasional dengan lebih efisien dan terkoordinasi,” ucapnya.

Selain merancang perangkat lunak, perusahaan yang berlokasi di tengah kota Cianjur ini juga menghadirkan beberapa aplikasi inovatif untuk membantu produktivitas. Salah satunya adalah platform Lokalpro. Ini adalah platform inovatif yang dirancang untuk membantu individu dalam mengembangkan karier mereka dengan menyediakan layanan pembuatan curriculum vitae (CV) secara gratis dan menjadi pusat pencarian lowongan kerja.

“Dengan Lokalpro, pengguna dapat membuat CV gratis menggunakan berbagai template profesional. Platform ini membantu menyusun CV sesuai standar industri dan meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan impian. Ke depan, Lokalpro menjadi tempat bagi para pencari pekerjaan dan menyediakan database lowongan yang luas dan terus diperbarui,” terang Melvin yang juga menjabat sebagai komisaris dan CTO.

Platform yang tak kalah menarik adalah Mygereja. Ini adalah solusi customer relationship management yang dirancang khusus untuk gereja guna membantu masyarakat mengelola berbagai aspek operasional dan kegiatan jemaat.

“Mygereja menawarkan berbagai fitur seperti manajemen jadwal acara, undangan, tiket acara, dan pengelolaan data jemaat. Platform ini membantu gereja menjalankan aktivitasnya dengan lebih terorganisir dan efisien, memungkinkan mereka fokus pada pelayanan dan kegiatan rohani,” ujar Melvin.

Di sektor industri kesehatan, PT. Sentosa Data Solusindo menghadirkan dua platform yaini Pasienportal dan Medikaplus. Pasienportal adalah platform digital yang memungkinkan pasien mengakses data medis mereka kapan saja dan di mana saja, melalui website maupun aplikasi mobile. Platform ini menyediakan akses mudah dan cepat ke informasi medis penting, memungkinkan pasien mengelola kesehatan dengan lebih baik.

Sedangkan Medikaplus adalah sistem informasi manajemen rumah sakit yang dirancang untuk mendukung operasional dan layanan kesehatan dengan fitur-fitur canggih yang sudah terintegrasi dengan berbagai platform resmi seperti BPJS, Kemenkes, SatuSehat, dan SIRS Online.

“Sistem ini juga dilengkapi ERM yang memungkinkan pengelolaan rekam medis secara elektronik, termasuk pembuatan sertifikat elektronik dan tanda tangan digital untuk keamanan dan keaslian data medis,” tandas Melvin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.