Sukses

Perbarui Fitur, Pengguna Muslim Pro Makin Mudah Menghafal Al-Quran Hingga Teknologi AI

Penyempurnaan fitur ini dirancang bagi para pengguna untuk menumbuhkan pemahaman dan hubungan yang lebih dalam dengan Islam

Liputan6.com, Jakarta Ragam perangkat teknologi memudahkan seseorang untuk mengakses informasi sesuai kebutuhan terutama saat memasuki bulan Ramadan

Seperti yang disediakan oleh aplikasi gaya hidup muslim bernama Muslim Pro. Aplikasi populer yang berkantor di Singapura ini meluncurkan fitur terbarunya. 

Fitur tersebut bernama Ask AiDeen, sebuah Chatbot Islami yang didukung oleh teknologi Artificial Intelligence (AI). Terdapat pembaruan pada fitur Al-Quran dalam aplikasi Muslim Pro

Chief Strategy Officer, Muslim Pro Fara Abdullah mengatakan, aplikasi tersebut memiliki fitur fungsional untuk mendalami, menghafalkan, dan mempelajari Al-Quran.

Penyempurnaan fitur ini dirancang bagi para pengguna untuk menumbuhkan pemahaman dan hubungan yang lebih dalam dengan Islam. 

"Fitur-fitur ini juga akan memberikan pengalaman yang lebih baik dan bermanfaat di bulan Ramadan," ujar Fara Abdullah, Rabu (28/2/2024).

Ia mengatakan, Al-Quran merupakan elemen inti dalam aplikasi Muslim Pro dan salah satu fitur yang paling banyak digunakan sepanjang tahun.

Fara menyebutkan, Indonesia menduduki peringkat teratas dan merupakan pasar utama Muslim Pro. Oleh karena itu, Muslim Pro mendesain ulang fitur-fitur Al-Quran di aplikasi. 

"Desain ulang untuk mendukung hafalan dan pemahaman Al-Quran melalui mode mendengarkan yang mudah digunakan, kuis interaktif, dan beragam alat pembelajaran," ujar Fara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teknologi AI

Peningkatan ini dirancang dengan cermat untuk memenuhi beragam kebutuhan komunitas Muslim. Hingga memastikan pengalaman Ramadan yang lebih baik dan bermanfaat.

Fara mengaku memahami bahwa membaca dan menghafal Al-Quran adalah bagian penting dari Ramadan bagi masyarakat muslim terutama di Indonesia. 

"Adanya alat hafalan modern yang mewakili perpaduan antara teknologi dan metode belajar Al-Quran tradisional, menciptakan sebuah terobosan baru yang menjadi standar untuk aplikasi pendidikan Islam," katanya.

Muslim Pro adalah salah satu aplikasi pertama yang menawarkan pelajaran Al-Quran digital yang berfokus pada surah-surah penting dengan tambahan komponen kuis. 

Sedangkan fitur Memorise merupakan hal unik karena inklusivitasnya yang dapat melayani berbagai jenis tipe belajar, termasuk cara belajar secara visual dan auditori.

Sementara itu, untuk fitur chatbot AiDeen, Fara mengatakan dibangun dan dilatih menjawab pertanyaan seputar Islam berdasarkan sumber otentik termasuk Al-Quran dan hadis. 

Ask AiDeen mengatasi tantangan dalam menemukan informasi yang terverifikasi dan dapat dipercaya tentang Islam dengan mudah dan praktis.

“Ask AiDeen lebih dari sekedar inovasi teknologi dan ini adalah pendamping yang siap mendukung pengguna kami dalam pencarian pengetahuan agama kapan saja, di mana saja,” kata Fara.

Kedua fungsi Al-Quran tersebut dapat diakses dalam aplikasi Muslim Pro. Fitut baru itu resmi diluncurkan ke semua perangkat iOS pada 5 Maret 2024, serta pada perangkat Android pada 8 Maret 2024. 

"Untuk memastikan pengalaman yang optimal selama bulan suci ini, pengguna sangat dianjurkan untuk memperbarui aplikasi mereka segera setelah versi terbaru tersedia," ujar nya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini