Sukses

Ekspresi Kekerasan Seksual lewat Teater ala Joane Win

Karya ini disadur dari "Ruang Arumanis" yang pernah dipentaskan pada tanggal 24 Agustus 2022 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Joane Win yang tergabung dalam Regina Art, forum seni pertunjukan  asal Indonesia akan menampilkan pertunjukan monolog dengan tajuk Cotton Candy di Kota Meksiko dan New York. Karya ini disadur dari "Ruang Arumanis" yang pernah dipentaskan pada tanggal 24 Agustus 2022 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Ruang Arumanis menceritakan pergulatan tubuh dan jiwa seorang penyintas kekerasan seksual yang mengharapkan kesembuhan dan keadilan. Joane Win akan memerankan kembali sosok Lisa sebagai seorang penyintas kekerasan seksual.

Melalui seni pertunjukan teater khususnya monolog, Joane berkisah tentang peristiwa kekerasan seksual yang kerap menimpa perempuan.

"Pelecehan dan kekerasan seksual terhadap perempuan banyak terjadi, dan bisa menimpa siapa saja. Semua orang semestinya memiliki kesadaran dan penghormatan terhadap perempuan, dimana pun," ujar Joane, aktris dari Regina Art.

Melalui media seni pertunjukan, Joane berupaya memperkuat kesadaran publik tentang masalah kekerasan seksual, serta menekankan bahwa kekerasan terhadap perempuan merupakan salah satu bentuk pelanggaran HAM. Pementasan Monolog Cotton Candy akan mengekspresikan dampak jangka panjang yang ditimbulkan pada penyintas kekerasan seksual, masalah hukum dan stigma yang berkembang di masyarakat.

"Kekerasan seksual adalah masalah yang serius. Oleh karena itu, kita semua dapat berpartisipasi dan saling mendukung dalam mengatasi masalah ini, baik sebagai seniman, aktivis, atau sebagai bagian dari masyarakat yang peduli, dan jangan biarkan korban merasa berjuang sendirian,” ucap Joane Win dalam keterangan tertulisnya.

Pada 2023, Regina Art bekerjasama dengan KJRI di Meksiko melalui Indonesia Monologue Night,  menghadirkan dua orang seniman asal Indonesia dengan pementasan Monolog yang berjudul “Cotton Candy” oleh Joane Win, dan “Besok atau Tidak Sama Sekali” oleh Wawan Sofwan.

Berbagai persiapan telah dilakukan, tim Regina Art telah berangkat ke Meksiko untuk melakukan pementasan pada 25 Februari 2023 pukul 16.00 di Re-Crea Teatro Kota Meksiko, dan setelah itu akan menuju Kota New York, Amerika Serikat untuk persiapan pementasan pada Maret  mendatang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.