Sukses

Yuk, Intip Tips Berhemat dari Biaya Makan

Makan adalah salah satu pengeluaran terbesar dalam anggaran. Coba cek deh, seberapa banyak kamu menghabiskan uang untuk kebutuhan pokok yang satu ini?

Liputan6.com, Jakarta - Makan hemat? Kenapa tidak bisa? Ini juga bisa jadi salah satu cara untuk menghemat pengeluaran, lho. Buat kamu yang ingin menabung banyak, yuk intip beberapa tips berikut.

Makan adalah salah satu pengeluaran terbesar dalam anggaran. Coba cek deh, seberapa banyak kamu menghabiskan uang untuk kebutuhan pokok yang satu ini?

Anggaran makan bisa semakin membengkak ketika kamu jajan di cafe atau restoran. Sesekali tidak apa, tapi ini bisa jadi berbahaya jika dilakukan setiap kali. Bisa-bisa pengeluaranmu akan lebih besar ketimbang pendapatan.

Salah satu cara menekan masalah ini adalah dengan menghemat biaya makan. Meski hemat, bukan berarti kamu tidak bisa makan makanan enak, lho.

Berikut adalah beberapa cara menghemat pengeluaran dari biaya makanmu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

8 Tips Menghemat Biaya Makan

1. Memasak di Rumah

Memasak di rumah adalah cara terbaik untuk menghemat uang. Kamu bisa memilih bahan-bahan yang lebih murah dan menghindari biaya makanan di luar.

2. Membeli Bahan-bahan di Pasar Tradisional

Biasanya, pasar tradisional menawarkan bahan-bahan kebutuhan dengan harga yang jauh lebih murah. Kamu bisa membeli bahan-bahan kebutuhan di sana dengan harga yang lebih terjangkau. 

3. Menghindari Makanan Siap Saji

Makanan siap saji biasanya lebih mahal daripada makanan yang dimasak sendiri. Selain itu, makanan siap saji cenderung kurang sehat.

4. Membeli Makanan dalam Jumlah Besar

Membeli makanan dalam jumlah besar seringkali lebih murah daripada membeli dalam jumlah kecil.

5. Menghindari Makanan yang Mahal

Hindari makanan yang terlalu mahal atau mewah. Kamu bisa mencari alternatif yang lebih murah namun tetap lezat atau kamu bisa bongkar kulkas dan berkreasi sendiri di dapur.

6. Menggunakan Kupon Diskon atau Promo

Cara lainnya, kamu bisa mencari kupon diskon atau promo yang ditawarkan oleh restoran atau warung makanan.

7. Berbagi Makanan

Jika kamu makan di luar dengan teman atau keluarga, kamu bisa berbagi makanan untuk mengurangi biaya.

8. Menghindari Minuman Beralkohol

Ingat, minuman beralkohol cenderung lebih mahal daripada minuman non-alkohol. Kamu bisa memilih minuman yang lebih murah atau menghindari minuman beralkohol selama makan.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghemat dari pengeluaran makan. Selain hemat, dengan memasak sendiri kamu bisa hidup lebih sehat dan kemampuan memasakmu akan jauh lebih berkembang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.