Sukses

Cara Ampuh Menumbuhkan Rambut Rontok

Rambut rontok bisa kembali tumbuh tergantung pada penyebabnya. Ada beberapa kondisi medis atau kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan rambut rontok, seperti kekurangan nutrisi, stres, perubahan hormonal, infeksi kulit kepala, dan efek samping obat.

Liputan6.com, Jakarta - Rambut rontok memang jadi masalah yang mengganggu, ya. Tapi jangan khawatir, dengan perawatan yang tepat, rambut rontok bisa kembali tumbuh, lho.

Rambut rontok bisa kembali tumbuh tergantung pada penyebabnya. Ada beberapa kondisi medis atau kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan rambut rontok, seperti kekurangan nutrisi, stres, perubahan hormonal, infeksi kulit kepala, dan efek samping obat. 

Jika rambut rontok disebabkan oleh salah satu dari kondisi ini, pengobatan yang tepat dapat membantu memulihkan pertumbuhan rambut sehat.

Namun, jika kerontokan rambut terjadi karena faktor genetik, seperti pada kondisi androgenetik alopesia (AGA) atau ketidakseimbangan hormon androgen, mungkin rambut baru akan sulit tumbuh atau bahkan tidak mungkin dipulihkan.

Selain pengobatan medis, pertumbuhan rambut juga bisa dibantu dengan mengganti gaya hidup, mulai dari mengonsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi, menghindari stres dan rutin menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

7 Cara Ampuh Menumbuhkan Rambut Rontok

1. Perhatikan pola makan

Makan makanan yang sehat dan bergizi seperti sayuran, buah-buahan, ikan, dan daging tanpa lemak. Kurangi makanan olahan, makanan cepat saji, dan makanan yang tinggi gula.

2. Jaga kebersihan rambut

Bersihkan rambut secara teratur untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih, namun jangan terlalu sering mencuci rambut karena bisa merusak kulit kepala dan mempercepat kerontokan.

3. Gunakan sampo yang tepat

Pilih sampo yang cocok dengan jenis rambut dan kulit kepala Anda. Hindari sampo yang mengandung bahan kimia keras, seperti sulfat, paraben, dan alkohol.

4. Periksa kesehatan

Berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan tidak ada masalah kesehatan yang menyebabkan kerontokan rambut.

5. Hindari gaya rambut yang merusak

Hindari gaya rambut yang memerlukan penggunaan panas atau produk kimia yang berlebihan, seperti pengering rambut, pelurus rambut, dan pewarna rambut.

6. Konsumsi suplemen rambut

Beberapa suplemen seperti vitamin B, vitamin C, dan vitamin E dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan kekuatan.

7. Jaga kesehatan mental

Stres dan kecemasan dapat menyebabkan kerontokan rambut, jadi penting untuk mengelola stres dengan cara yang sehat seperti olahraga, meditasi, dan tidur yang cukup.

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu ketahui untuk menumbuhkan rambut rontok. Yang perlu diingat adalah pertumbuhan rambut membutuhkan waktu, jadi bersabarlah dan jangan terlalu sering mengubah produk perawatan rambut atau merawat rambut secara berlebihan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.