Sukses

7 Kuliner Demak, Salah Satunya Favorit Raja

Kuliner Demak cukup unik dan menarik, hingga rasanya sayang untuk dilewatkan. Selain itu, Demak juga menyimpan banyak makanan gurih menggoda, yang pasti bikin ketagihan.

Liputan6.com, Jakarta - Berencana wisata ke Demak, tapi khawatir dengan makanannya? Jangan khawatir, ada cukup banyak kuliner Demak yang menarik, lho. Beberapa di antaranya bahkan sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Yuk intip berbagai kuliner khas Demak.

Demak dikenal dengan julukan Kota Wali, karena dalam sejarahnya Demak pernah menjadi pusat penyebaran agama Islam di Pulau Jawa, yang dimotori oleh Walisongo. Selain banyak meninggalkan jejak-jejak bersejarah, tentunya Demak juga meninggalkan banyak jejak rasa kuliner.

Kuliner Demak cukup unik dan menarik, hingga rasanya sayang untuk dilewatkan. Selain itu, Demak juga menyimpan banyak makanan gurih menggoda, yang pasti bikin ketagihan.

Setidaknya ada 12 kuliner Demak yang bisa dicicipi saat berkunjung ke sana nanti. Mulai dari mangut hingga minuman favorit para sultan, berupa jamu kesayangan warga Demak lantaran rasanya yang nikmat sekaligus berkhasiat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

7 Kuliner Demak Sarat akan Sejarah

5. Botok Telur Asin

Biasanya terbuat dari ampas kelapa, namun di Demak ampas kelapa diganti dengan telur asin.

Menu yang satu ini juga bisa jadi pilihan ketika bingung dengan pilihan makan siang atau makan malam di Demak.

Soal rasa? Siapa yang dapat mengalahkan rasa gurih telur asin? Karena diolah dengan cara apapun, telur asin akan tetap menggoda lidah.

6. Jamu Coro

Minuman tradisional khas Demak ini juga patut untuk dicicipi, lho. Terbuat dari tepung beras, kelapa, gula aren, merica, jahe, daun pandan, kapulaga, dan kayu manis. Komposisi yang menyehatkan untuk sebuah minuman.

Minuman sehat kaya rempah ini juga jadi minuman favorit para Sultan Demak.

7. Kerupuk Catak

Makanan unik lain yang bisa ditemukan di Demak adalah kerupuk catak yang terbuat dari paru-paru ikan.

Biasanya ikan yang digunakan adalah ikan-ikan besar seperti patin dan manyung. Paru-paru dibersihkan dan kemudian dijemur sampai kering. Setelah itu baru digoreng sampai mengembang dan garing.

Makanan yang satu ini bisa dijadikan oleh-oleh setelah berkunjung dari Demak.

Itu dia berbagai kuliner Demak yang wajib dicoba saat sedang bertandang ke salah satu kota bersejarah di Indonesia itu. Jangan sampai dilewatkan, ya!

 Selamat berlibur!

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Demak merupakan kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan dengan Jepara dan juga Kota Semarang. Demak menjadi salah satu daerah yang memiliki destinasi wisata menarik, khususnya bagi yang menyukai sejarah.

Selain itu, ragam kuliner Demak juga menjadikan daerah yang satu ini layak untuk dimasukkan dalam daftar destinasi wisata.

1. Nasi Ndoreng

Nasi goreng memang selalu mudah ditemukan di banyak tempat, tapi nasi ndoreng hanya bisa ditemukan di Demak.

Kuliner Demak yang satu ini menjadi salah satu favorit warga Demak, terutama untuk sarapan. Resep menu yang satu ini merupakan warisan Kerajaan Bintoro pada masa kejayaannya.

Nasi Ndoreng serupa dengan nasi pecel, namun dengan taburan saus yang berbeda. Sepiring nasi ndoreng biasanya berupa sayuran rebus yang kemudian ditaburi dengan “Uyah Goreng” atau “Garam Goreng yang terbuat dari kelapa parut yang dibumbui garam.

Biasanya, nasi ndoreng juga dilengkapi rempeyek ikan asin, bakwan goreng dan mendoan.

2. Nasi Kropokhan

Jika ingin mencicipi daging kerbau, jangan lewatkan nasi kropokhan. Kuliner Demak yang satu ini disajikan dengan lauk yang terbuat dari daging kerbau dan labu putih. Diolah dengan berbagai rempah khusus, salah satunya helaian daun kedondong.

Nasi dengan lauk daging kerbau ini konon merupakan salah satu hidangan favorit para Raja Demak. Hingga bisa dipastikan, makanan yang satu ini bercitarasa tinggi dengan daging kerbau yang empuk, dan gurih.

3.  Sop Balungan

Kuliner Demak yang satu ini wajib dicoba untuk yang gemar dengan sensasi menikmati daging sapi langsung dari tulangnya atau mengunyah tulang rangu sapi.

Sop yang satu ini terbuat dari daging dan tulang sapi yang dilengkapi dengan sayuran seperti wortel, taburan daun bawang, dan bawang goreng. Tak ketinggalan, perasan jeruk nipis yang memperkaya rasa sekaligus menetralisir lemak dalam makanan tersebut.

4. Asem-asem Daging

Asem-asem daging juga bisa jadi pilihan lain saat sedang melakukan wisata kuliner di Demak.

Makanan berkuah ini terbuat dari tetelan daging yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah dan juga tauco. Rasanya, perpaduan asam, manis, pedas, dan juga gurih. Kuah asam-asam ini bisa disiram di atas nasi panas atau disajikan terpisah dengan nasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.