Sukses

Saat Alumni AAU 2002 Jaga Keseimbangan Ekosistem Embung Sendangtirto

Liputan6.com, Yogyakarta - Embung Sendangtirto menjadi salah satu rekomendasi destinasi wisata yang dapat dikunjungi secara gratis. Embung ini terletak di Desa Sendangtirto, Kecamatan Berbah Kabupaten Sleman, DIY.

Meski belum lama di resmikan, akses menuju embung ini sudah selesai di tata dan mudah ditemukan. Ukuran Embung Sedangtirto terbilang tidak begitu besar namun juga tidak begitu kecil.

Embung ini memiliki kapasitas tampungan air sebanyak 31.881,34 meter kubik dengan tampungan hidup sebesar 27.860,34 meter kubik dan tampungan mati sebesar 4.021 meter kubik. Embung Sedangtirto menjadi daerah konsevasi air, irigasi lahan persawahan sekaligus tempat rekerasi.

Embung Sedangtirto berada di tengah-tengah area persawahan milik warga, sehingga memiliki udara yang masih segar dan bersih. Pengungjung dapat menggunakan embung sebagai tempat track olahraga seperti jogging, skipping dan lainnya.

Pengunjung juga dapat melihat dan memberi makan ikan-ikan yang sengaja dilepaskan di Embung Sedangtirto. Ikan-ikan di embung ini berfungsi untuk menarik minat pengunjung, sekaligus menjaga ekosistem embung.

Baru-baru ini Alumni Akademi Angkatan Udara atau AAU 2002 melakukan pelepasan 4.000 bibit ikan nila di Embung Sedangtirto. Mereka ingin ikut menjaga keseimbangan ekosistem embung ini sebagai salah satu destinasi wisata masyarakat.

Ketua Alumni AAU 2002, Letkol Penerbang Dwi Agus Ariyanto mengatakan, penebaran ekor bibit ikan Nila di embung ini merupakan bagian salah satu kegiatan reuni dua dasawarsa Alumni 2002. Selain penebaran bibit ikan nila, para alumni juga memberi bantuan-bantuan kepada masyarakat sekitar.

Penebaran ribuan benih ikan Nila diharapkan ke depan dapat memberikan manfaat bagi warga Berbah dan sekitarnya.

“Termasuk untuk konservasi lingkungan dan berharap embung ini banyak dikunjungi,” kata Letkol Penerbang Dwi Agus Ariyanto, Sabtu (26/11/22).

Ketua Panitia Letkol Pnb Iwan Setiawan menambahkan selain di Embung Sendangtirto Berbah kegiatan sosial sebagai rangkaian temu alumni AAU 2002 juga digelar donor darah di Sahid J-Walk. Para pendonornya berasal dari kalangan TNI AU. “Darah yang terkumpul ini kami salurkan ke warga yang membutuhkan lewat PMI,” katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS