Sukses

Sering Kena Asam Lambung, Chef Marinka Diet Gluten Free

Liputan6.com, Jakarta - Jadwal padat sehari-hari dengan tekanan stres tinggi bisa membuat jadwal makan tidak menentu. Ditambah lagi jika dengan konsumsi makanan yangdapat mengiritasi lambung, juga tingkat stres tnggi, tentunya hal-hal tersebut dapat meningkatkan risiko seseorang terkena asam lambung.

Dalam istilah medis asam lambung ini disebut dengan GERD atau gastroesophageal reflux disease, sebuah kondisi ketika asam lambung naik dari perut menuju kerongkongan (refluks asam). Prevalensi penyakit ini di negara-negara Asia termasuk Indonesia memang cenderung lebih rendah jika dibandingkan negara di Eropa dan Amerika, namun demikian selama beberapa tahun terakhir prevalensi penyakit ini di Asia terus meningkat

Dengan begitu, asam lambung merupakan salah satu masalah kesehatan yang kerap diderita banyak orang. Siapa sangka Chef Marinka juga mengaku bahwa dirinya sering mengalami masalah asam lambung.

Chef cantik yang sempat menjadi juri Masterchef Indonesia ini akhirnya menjadi cukup picky untuk memilih bahan dasar makanannya sehari-hari. “Memilih bahanmakanan yang lebih ringan untuk dicerna dan tidak membuat lambung mudah teriritasi adalah kunci,” ujar perempuan kelahiran 22 Maret 1980 tersebut.

Chef yang memiliki nama lengkap Maria Irene Susanto ini memilih bahan makanan alami sebagai konsumsi harian, mengganti tepung biasa menjadi tepung bebasgluten. Gluten sendiri merupakan protein yang terkandung di dalam gandum atau terigu, di mana apabila dikonsumsi terlalu berlebihan dapat mengiritasi lambung. ChefMarinka saat ini berusaha untuk menghindari konsumsi gluten.

“Sekarang sebenarnya ini cukup gampang buat nemuin tepung ataupun bahan makanan yang bebas gluten. Misalnya untuk tepung, itu aku ganti sama tepung Mocaf yang dibuat darisingkong,” ujarnya.

Chef Marinka juga mengatakan bahwa ia gemar menggunakan tepung Mocaf bebas gluten, salah satunya merupakan produk lokal dari Ladang Lima. Pilihannya tersebut semakin mantap karena tepung Mocaf dari Ladang Lima tak hanya bebas gluten, tapi juga kaya serat, low glikemiks index, mengandung zat besi dan kalsium, serta tanpaproses pemutihan, sehingga aman dikonsumsi tubuh.

Tepung Mocaf Ladang Lima juga rendah GI sehingga sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes yang ingin membuat atau merasakan makanan lezat tanpa perlu khawatir.Karena kandungan yang sangat menyehatkan bagi tubuh, Chef Marinka ingin terus merekomendasikan tepung Mocaf Ladang Lima kepada para kerabatnya.

Bahkan ia inginmemperkenalkan ke masyarakat luas, salah satunya dengan memberikan tantangan kepada peserta Master Chef Junior di challenge 4 besar menuju 3 besar untuk mencoba membuat Gluten Free Hummingbird Cake dari tepung Mocaf.

“Tepung ini merupakan tepung gluten free, terbuat dari singkong yang difermentasi jadi sangat cocok untuk membuat kue,” jelasnya.

Selain tepung mocaf, Ladang Lima juga memiliki berbagai jenis produk seperti pasta, cookies, mie, premix dan berbagai jenis makanan yang bebas gluten yang aman dikonsumsi bagi penderita GERD.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS