Sukses

5 Gunung di Jawa Tengah Cocok untuk Pendaki Pemula, Salah Satunya Perjalanan ke Puncak Cukup 15 Menit

Berikut sederet gunung-gunung di Jateng cocok untuk pendaki pemula.

Liputan6.com, Semarang - Para pendaki pemula dapat mencoba mendaki gunung-gunung kecil untuk melatih diri. Ada beberapa gunung di Jawa Tengah (Jateng) yang dinilai ramah bagi para pendaki pemula.

Selain itu gunung-gunung ini memiliki medan yang lebih bersahabat bagi para pendaki pemula. Dikutip dari berbagai sumber, berikut sederet gunung-gunung di Jateng cocok untuk pendaki pemula.

1. Gunung Andong

Gunung Andong berada di Kabupaten Magelang Jateng. Gunung Andong menjadi gunung paling disukai oleh para pendaki pemula.

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.726 mdpl. Pendaki hanya membutuhkan waktu sekitar satu hingga dua jam dari basecamp menuju puncak Gunung Andong.

Para pendaki juga tidak perlu khawatir, karena di sana sudah ada sumber air, warung makan, dan toilet di sekitar jalur pendakian. Ada baiknya apabila pergi ke Gunung Andong ketika hari kerja. Pasalnya, Gunung Andong ramai dipadati pengunjung di saat hari libur.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gunung Gandul

2. Gunung Gandul

Gunung Gandul terletak di dekat Kota Wonogiri. Gunung ini cocok untuk pendaki pemula yang baru saja ingin memulai mendaki gunung.

Area parkir Gunung Gandul bisa dijangkau selama sekitar 30 menit dari Kota Wonogiri. Kemudian, untuk menuju puncak dari area parkir pendaki hanya membutuhkan waktu kurang-lebih 15 menit saja.

Jalur yang ditempuh terdiri dari anak tangga dan jalan setapak berbatu yang hanya akan dijumpai menjelang puncak.

3. Gunung Sepikul

Wilayah Kabupaten Sukoharjo sebagian besar terdiri dari dataran rendah, namun rupanya juga memiliki gunung. Salah satunya adalah Gunung Sepikul.

Meski tidak terlalu tinggi, Gunung Sepikul tetap menyajikan pemandangan yang begitu mempesona. Perjalanan ke puncak pun begitu singkat, yakni hanya butuh waktu sekitar 10 sampai 15 menit saja.

Kondisi jalur pendakian juga tidak sulit. Jalan setapak yang dilalui juga memiliki pencahayaan cukup baik.

Gunung Sepikul sering dijadikan sebagai lokasi untuk menikmati indahnya matahari terbenam.

 

3 dari 3 halaman

Gunung Besek

4. Gunung Besek

Gunung Besek, Kismantoro terletak di sudut Kecamatan Kismantoro, Wonogiri. Gunung Besek. Gunung ini adalah solusi bagi kawan si pendaki gunung pemula.

Jalur perjalanan menuju puncak Gunung Besek tidak rumit, sehingga lebih mudah untuk didaki. Untuk sampai ke area parkir hingga ke lokasi tujuan, pendaki harus melewati kondisi jalan yang cenderung menurun sehingga sangat mudah untuk dijangkau.

Namun para pendaki akan tetap mendapatkan sensasi mendaki gunung, karena Gunung Besek memiliki pemandangan yang mempesona.

5. Bukit Mongkrang

Jalur pendakian di Kabupaten Karanganyar umumnya dikenal hanya menuju puncak Gunung Lawu saja. Tapi sebenarnya, terdapat satu jalur pendakian lain yang belum lama ini telah dibuka.

Jalur pendakian itu adalah Bukit Mongkrang. Bukit ini berada di sebelah selatan dari Gunung Lawu.

Jalur pendakian Bukit Mongkrang bisa dimulai dari Tlogo Dlingo. Saat ini Bukit Mongkrang adalah lokasi pendakian paling disukai, karena waktu tempuh ke puncaknya hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.