Sukses

Sosok Ini Pancarkan Cahaya Terang dari Surga hingga Malaikat Jibril Tersungkur Jatuh

Terdapat cahaya yang sangat terang yang berasal dari surga yang membuat malaikat jatuh tersungkukr dan sujud.

Liputan6.com, Cilacap - Banyak kisah eskatologi Islam yang membuat kita takjub. Sebagai informasi, eskatologi Islam ialah cabang ilmu yang membahas tentang kehidupan setelah kematian.

Pembahasan eskatologi ini seputar hari akhir, surga, neraka dan tema-tema lain yang serupa. Pembahasan ini tentu saja sangat menarik.

Salah satunya karena diulas berdasarkan beragam perspektif yang tentu saja tetap didasarkan pada keterangan-keterangan dari Al-Qur’an dan hadis.

Tulisan ini akan membahas salah satu makhluk Allah yang memiliki cahaya yang sangat terang yang bukan hanya bikin takjub manusia saja, bahkan malaikat yang notabene tercipta dari cahaya saya sangat takjub.

Cahaya terang tersebut berasal dari surga. Lantas cahaya apa yang membuat takjub malaikat Jibril, hingga berdasarkan riwayat, sampai-sampai malaikat jatuh tersungkur dan sujud.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ternyata Cahaya Terang Berasal dari Makhluk Ini

Menukil kanal Islami Liputan6.com, cahaya terang tersebut ternyata berasal dari makhluk Allah yang menghuni surga. Nama makhuk tersebut ialah bidadari. Kisah tentang dahsyatnya pesona bidadari diperoleh dari Rasulullah SAW dalam hadis berikut ini,

Dari Sahabat Ibnu Mas’ud RA, beliau mengisahkan dari Rasulullah SAW bahwa ketika Allah SWT selesai menciptakan Surga Adn, lalu Dia memanggil Malaikat Jibril seraya memerintahkan kepadanya, “Wahai Malaikat Jibril, pergilah ke Surga ‘Adn dan lihatlah apa yang telah Aku ciptakan untuk hamba-hamba-Ku dan kekasih-kekasih-Ku.”

Malaikat Jibril AS pun bergegas pergi ke Surga ‘Adn untuk memenuhi perintah Allah SWT. Setelah sampai di sana, ia berkeliling untuk menemukan apa yang ia cari.

Lalu, muncullah seorang bidadari dari dalam istana yang ada di Surga ‘Adn. Melihat datangnya Malaikat Jibril, bidadari itu tersenyum kepadanya. Ketika ia tersenyum, seketika Surga ‘Adn bersinar terang karena gigi seri bidadari itu.

3 dari 3 halaman

Senyuman Bidadari Pancarkan Cahaya Terang Hingga Malaikat Jibril Tersungkur dan Sujud

Melihat Surga ‘Adn yang tiba-tiba bersinar terang, Malaikat Jibril tersungkur dan bersujud karena mengira sinar itu berasal dari Nur Allah Yang Maha Mulia.

Bidadari itu pun berkata, “Wahai malaikat yang dipercaya Allah, angkatlah kepalamu.”

Malaikat Jibril mengangkat kepalanya dan mengetahui bahwa sinar yang sangat terang itu bukanlah sinar dari Nur Allah SWT, melainkan dari senyum bidadari tersebut. Jibril pun dibuat kagum dan berkata, “Maha Suci Dzat yang telah menciptakanmu.”

Lalu bidadari itu bertanya kepada Malaikat Jibril, “Wahai malaikat yang dipercaya Allah, apakah kamu tahu untuk siapa aku diciptakan?”

Malaikat Jibril menjawab, “Tidak.”

Lalu bidadari itu berkata, “Sesungguhnya Allah SWT telah menciptakanku untuk orang-orang yang lebih memilih dan lebih mementingkan ridlo-Nya daripada hawa nafsunya.”

Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa akan berada dalam tempat yang aman, (yaitu) di dalam taman-taman dan mata-mata air. Mereka memakai sutra yang halus dan sutra yang tebal, (duduk) berhadap-hadapan, demikianlah. Dan Kami nikahkan mereka dengan bidadari-bidadari.” (ad-Dukhan: 51-54).

Penulis: Khazim Mahrur/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.