Sukses

Air pun Jadi Bahan Bakar, Kisah Karomah Mobil Mbah Arwani Kudus Kehabisan Bensin

Salah satu kisah yang menceritakan karomah Mbah Arwani adalah saat ulama Kudus itu kehabisan bensin. Atas izin Allah SWT, air biasa pun menjadi bahan bakar untuk melanjutkan perjalanannya.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak kisah karomah para ulama Nusantara. Kisah-kisah ini menceritakan kejadian yang aneh dan tidak masuk akal, tapi itu benar-benar terjadi.

Karomah wali adalah sebuah anugerah yang Allah SWT berikan kepada mereka para hamba pilihan-Nya.

Salah satu ulama Indonesia yang diyakini memiliki sejumlah karomah adalah KH Arwani Amin Said. Ulama kharismatik kelahiran Kudus, 5 September 1905 ini lebih dikenal dengan nama Mbah Arwani Kudus.

Mbah Arwani adalah putra dari pasangan H. Amin Said dan Hj. Wanifah. Ia tumbuh menjadi seorang pemuda yang haus akan ilmu agama, hingga akhirnya menjadi ulama yang berpengaruh terhadap dakwah Islam di Indonesia, khususnya wilayah Kudus dan sekitarnya.

Sebagai seorang waliyullah, Mbah Arwani memiliki kelebihan atau karomah. Kelebihan ini tidak terlepas dari kedekatan spiritualnya dengan Sang Maha Kuasa dan orang tuanya yang senang membaca Al-Qur’an.

Salah satu kisah yang menceritakan karomah Mbah Arwani adalah saat ulama Kudus itu kehabisan bensin. Atas izin Allah SWT, air biasa pun menjadi bahan bakar untuk melanjutkan perjalanannya. 

Berikut kisah selengkapnya, simak!

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mobil Mbah Arwani Mogok

Mengutip laman Laduni.id, dikisahkan mobil yang ditumpangi Mbah Arwani Kudus mogok saat perjalanan pulang ke Kudus setelah menghadiri suatu acara bersama para kiai di luar kota.

Mobil Mbah Arwani mogok ketika baru sampai di daerah Rembang. Setelah diperiksa, ternyata permasalahannya adalah mobilnya kehabisan bahan bakar.

Sang sopir dan beberapa anggota rombongan bingung, karena pada waktu itu sangat jarang keberadaan SPBU atau yang menjual bahan bakar minyak (BBM) eceran di pinggir jalan.

3 dari 3 halaman

Air Karomah

Kejadian mobil mogok membuat sapir dan para penumpangnya kebingungan. Mbah Arwani tiba-tiba datang memberi air putih kemasan dan meminta menuangkan air pemberiannya ke tangki bensin.

“Coba tuangkan pakai air putih ini,” pintanya.

Tanpa ragu, sang sopir pun mengiyakan dawuh Mbah Arwani tersebut. Subhanallah, mobil pun kembali bisa berjalan.

Masya Allah, itulah karomah wali. Air pun bisa jadi bahan bakar atas kehendak Allah SWT. Wallahu a'lam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.