Sukses

Top 3 Islami: Kisah Karomah Mbah Hasyim Asy'ari Gendong Nabi Khidir, Amalan agar Bisa Menjawab Pertanyaan Malaikat Munkar Nakir

Kisah karomah Mbah Hasyim Asy'ari muda menggendong Nabi Khidir di depan Mbah Kholil Bangkalan menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Sabtu (4/5/2024)

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Hadratus Syaikh KH Hasyim Asy'ari merupakan murid KH Muhammad Kholil atau Mbah Kholil Bangkalan. Seperti gurunya yang seorang wali Allah, Mbah Hasyim Asy'ari juga menjadi waliyullah.

Lazimnya wali, Mbah Hasyim Asy'ari dianugerahi karomah. Pada saat nyantri, Mbah Hasyim Muda bahkan pernah menggendong Nabi Khidir AS.

Kisah Mbah Hasyim Asy'ari muda menggendong Nabi Khidir ini menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Sabtu (4/5/2024).

Artikel kedua yang juga populer adalah amalan agar seseorang mendapat bantuan sebelum menjawab pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir di Alam Kubur.

Sementara, artikel ketiga yaitu kesaksian Gus Baha tentang alam jin yang menurutnya sangat mengerikan.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kisah KH Hasyim Asy'ari Menggendong Nabi Khidir yang Menyamar Jadi Kakek Lumpuh, Disaksikan Mbah Kholil Bangkalan

Dalam tradisi Islam, Nabi Khidir AS dianggap sebagai sosok yang memiliki keistimewaan dan mukjizat yang luar biasa.

Salah satu mukjizat yang sering dikaitkan dengannya adalah kemampuannya untuk berubah wujud atau bentuk fisiknya.

Dan salah satu sosok berpengaruh di Indonesia yang konon pernah ditemui Nabi Khidir AS adalah KH Hasyim Asy'ari, sosok ulama luar biasa, pendiri NU.

Alhasil, saat bertemu Kiai Hasyim saat masih muda pun, wujudnya tidak dikenali.

Perlu diketahui, KH Hasyim Asy'ari adalah santri Syaikhona Kholil atau yang populer dikenal dengan Mbah Kholil Bangkalan. Peristiwa itu juga terjadi di depan Mbah Kholil, mahaguru ulama nusantara.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Amalan Agar Dibantu Menjawab Pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir di Alam Kubur

Suasana alam kubur begitu mengerikan dan menakutkan. Dalam kondisi kesendirian di alam barzakh, kita harus menghapi malaikat berwajah sangar, yakni malaikat Munkar dan Nakir.

Terlebih, jika kita ternyata tidak bisa menjawab pertanyaan di alam kubur yang diajukan kedua malaikat itu.

Berdasarkan riwayat, kengerian akan alam barzakh juga dirasakan salah seorang sahabat utama Rasulullah SAW yang bernama Utsman bin Affan. Hal ini yang membuatnya gentar.

Rupanya yang membuat gentar sahabat Usman bin Affan ialah perihal kesendirian di alam kubur, sementara kunci kuburan ada pada malaikat Israfil yang akan membukakannya saat kiamat tiba. Tentu saja waktu menunggunya sangat lama.

Meski demikian, ada amalan yang dapat menetralisir kengerian suasana alam kubur yakni hal ini dapat menjadi washilah atau perantara yang menyebabkan ahli kubur dibantu menjawab pertanyaan kedua malaikat tersebut.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Kesaksian Gus Baha, Alam Jin Memang Benar-Benar Mengerikan

Dalam bahasa pesantren, khodam atau khodim adalah pembantu. Istilah ini biasanya ditujukan untuk santri ndalem, atau santri yang juga membantu di rumah kiai.

Khodam diartikan sebagai pembantu atau pelayan. Artinya, santri itu melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan di kediaman kiai, di luar kesibukannya mengaji.

Namun, ada pula istilah khodam yang merujuk pada makhluk gaib. Khodam itu misalnya digambarkan tinggal di sebuah benda; jimat, rajah atau benda lain.

Dalam pengetahuan masyarakat tradisional, masyhur ada orang pintar yang memiliki khodam jin. Adapun pekerjaannya terdengar sumir, agak sulit dideskripsikan.

Memiliki khodam jin ternyata berisiko tinggi. Gus Baha, ulama ahli Al-Qur'an asal Rembang, Jawa Tengah mengaku tahu alam jin.

Menurut dia, alam jin sangat menakutkan.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.