Sukses

6 Perilaku Buruk Manusia Akhir Zaman yang Menjijikkan, Tanda Kiamat Sudah Dekat

Salah satu contohnya ialah maraknya perzinaan yang mengakibatkan banyaknya wanita yang hamil di luar nikah kerap kita dengar

Liputan6.com, Jakarta - Manusia akhir zaman yang hidup sangat dekat dengan datangnya hari kiamat memiliki perilaku yang sangat buruk. Hal ini banyak dijelaskan dalam hadis-hadis Rasulullah SAW.

Menelisik pada realita sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, penjelasan Rasulullah SAW mengenai perilaku manusia akhir zaman ini telah saat ini telah banyak yang terjadi.

Salah satu contohnya ialah maraknya perzinaan yang mengakibatkan banyaknya wanita yang hamil di luar nikah kerap kita dengar.

Demikian halnya dengan perilaku yang tidak lagi mempedulikan halal dan haram. Salah satu contoh yang kerap kita dengar yakni perihal banyaknya orang-orang yang tersandung kasus korupsi, tentu saja mencerminkan kalau mereka tidak lagi mengindahkan lagi hukum halal-haram.

Di tambah lagi, kasus pencurian dan perampokan yang merupakan perbuatan tercela yang sangat dilarang oleh agama Islam karena mengambil hak milik orang lain dengan cara yang batil.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perilaku Buruk Manusia Akhir Zaman

Berikut ini beberapa perilaku umat Islam akhir zaman berdasarkan sabda-sabda Rasulullah SAW. 

1. Hilang Rasa Malunya

Manusia akhir zaman sudah tidak memiliki rasa malu lagi. Di antara sifat yang menunjukan hal itu sbagaimana sabda Rasulullah SAW ialah perihal manusia yang dengan terang-terangan melakukan perbuatan zina.

Bahkan ia melakukan itu di tempat terbuka seperti di jalanan umum yang biasa di lewati oleh banyak orang. Rasulullah SAW bersabda:

"Demi jiwaku yang ada di tangan-Nya tidak hancur umat ini sehingga (datang satu masa) seorang lelaki mendatangi perempuan kemudian ia menghamparkan kasur untuknya di jalanan (untuk berzina). Kemudian datang seorang pilihan/mulia dari kaum itu mengatakan: Wahai fulan andai engkau menyembunyikannya di balik tembok ini". (HR Ahmad)

2.  Tak Peduli Halal Haram

Perilaku lain yang dilakukan manusia akhir zaman ialah mereka tidak lagi memperdulikan halal atau haram. Cara mendapatkan harta sudah tidak lagi mempertimbangkan baik dan buruk. Perilaku ini telah Nampak saat ini, seperti yang dilakukan oleh para pencuri, koruptor dan lain sebagainya.

Berkaitan dengan hal ini, Rasulullah SAW bersabda:

“Akan datang kepada manusia suatu zaman (ketika) seseorang tidak lagi memperdulikan halal atau haram harta yang dia ambil.” (HR. Bukhari) 

3. Menghalalkan Hal Yang Haram

Sifat lain dari manusia akhir zaman ialah mereka cenderung menghalalkan sesuatu yang diharamkan oleh Allah SWT. Berkaitan dengan ini Rasulullah SAW bersabda,

"Akan muncul dari umatku beberapa kaum, mereka menghalalkan zina, sutra, khamar, dan alat-alat musik. Dan sungguh akan tinggal beberapa kaum di samping gunung, datang di sore hari kepada mereka penggembala ternaknya dengan hewan piaraannya - yaitu orang fakir - karena ada hajat. Mereka mengatakan: Kembalilah engkau besok hari, maka Allah menyiksa mereka, meletakkan gunung di atas mereka. Dan merubah yang lainnya menjadi kera-kera dan babi-babi sampai hari kiamat." (HR Bukhari)

3 dari 3 halaman

Perilaku Buruk Manusia Akhir Zaman (4-6)

4. Umat Manusia Berperilaku Seperti Keledai

Keterangan Rasulullah SAW perihal manusia akhir zaman ialah memiliki sifat seerti binatang keledai. Mereka senang berbuat jahat dan membuat kerusakan di mana-mana. Rasulullah SAW bersabda:

"Yang tersisa hanyalah manusia-manusia jahat yang membuat huru-hara di bumi seperti perilaku keledai. Pada merekalah hari kiamat terjadi." (HR. Muslim) 

5. Bersikap Buruk yang Kelewat Batas

Umat Islam di akhir zaman sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam kondisi yang sangat buruk. Mereka memiliki penyakit hati yang sangat parah sehingga menyebabkan perilaku jahatnya yang kelewat batas.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, dia mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Umatku akan ditimpa penyakit yang juga menimpa umat-umat sebelumnya." Lalu mereka bertanya, "Wahai Rasulullah, penyakit apa itu?" Kemudian beliau SAW bersabda, "Sombong, angkuh, bermewah-mewahan, bermusuh-musuhan dalam urusan dunia, saling membenci dan saling dengki hingga kelewat batas." (HR Al-Hakim)

6. Mengkuti Kebiasaan Pemeluk Agama Lain

Selain, perilaku-perilaku buruk di atas yang merupakan ciri dari manusia akhir zaman, ialah perihal perilaku umat muslim yang mengikuti kebiasaan pemeluk agama lain. Hal ini dijelaskan dalam hadis berikut ini.

Dari Abu Said al-Kudri dari Nabi SAW bersabda, "Kalian akan mengikuti kebiasaan-kebiasaan orang-orang sebelum kalian, sejengkal demi sejengkal, sedepa demi sedepa. Sehingga apabila mereka masuk lubang biawak kalian akan mengikutinya". Kami bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah mereka Yahudi dan Nasrani?" Nabi menjawab, "Siapa lagi?" (HR Bukhari)

Penulis : Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.