Sukses

Banyak Kecelakaan, Baca Doa-Doa Ini Agar Selamat Sampai Tujuan

Keselamatan di perjalanan menjadi sangat penting. Tak hanya memastikan kondisi fisik sopir dan kendaraan, perlu juga berikhtiar lewat jalur langit yakni berdoa agar diberikan keselamatan dan kelancaran selama perjalanan.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak terjadi kecelakaan saat momen lebaran Idul Fitri 2024. Polri mencatat ada 317 kejadian kecelakaan selama pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 dalam momen lebaran Idul Fitri 1445 H.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal (Brigjen) Trunoyudo mengatakan, dari jumlah tersebut 43 orang di antaranya meninggal dunia, 63 orang luka berat, dan 426 orang luka ringan.

“Dengan kerugian materil sebesar Rp566.500.000," kata Trunoyudo, dikutip dari kanal News Liputan6.com, Sabtu (13/4/2024).

Puncak arus balik lebaran 2024 diperkirakan terjadi sepanjang 13-15 April 2024. Bagi pemudik yang kembali pulang tentu saja berharap dalam perjalanannya diberikan keselamatan dan kelancaran.

Keselamatan di perjalanan menjadi sangat penting. Tak hanya memastikan kondisi fisik sopir dan kendaraan, perlu juga berikhtiar lewat jalur langit yakni berdoa agar diberikan keselamatan dan kelancaran selama perjalanan.

Mengutip laman NU Jabar, berikut ini doa-doa agar diberi keselamatan dalam perjalanan pulang mudik lebaran tahun ini. Tidak hanya untuk pemudik, doa ini juga bisa dibaca buat Anda yang hendak pergi liburan lebaran.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Doa Keluar Rumah

‎بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه  

Bismillâhi tawakkaltu ‘alallâhi wa lâ haula wa lâ quwwata illâ billâhil ‘aliyyil ‘adhîm  

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah.”

3 dari 6 halaman

Doa Naik Kendaraan

‎الحَمْدُ للهِ/سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ 

Alhamdulillāhilladzī/subhānalladzī sakhkhara lanā hādzā wa mā kunnā lahū muqrinīna, wa innā ilā rabbinā lamunqalibūna.

Artinya: “Segala puji bagi Allah/maha suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami. Padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sungguh, kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

Kita juga dianjurkan untuk memperbanyak doa berikut. 

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ 

Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim

Artinya: “Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

4 dari 6 halaman

Membaca Surah Al-Ikhlas saat di Perjalanan

(‎قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ (١) اللَّهُ الصَّمَدُ (٢) لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ (٣) وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ (٤  

Qul huwallâhu ahad. Allâhus shamad. Lam yalid, wa lam yûlad. Wa lam yakullahû kufuwan ahad. 

Artinya: “Katakanlah, ‘Dialah Allah yang esa. Dia tempat bergantung. Dia tidak melahirkan dan tidak dilahirkan. Tiada satu pun yang menyamai-Nya.”

5 dari 6 halaman

Doa Ketika Sudah Tiba di Tempat Tujuan

‎اَللّٰهُمَّ إِنِّىْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ أَهْلِهَا وَخَيْرَ مَافِيْهَا وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرِّ مَافِيْهَا

​​​​​​​Allaahumma innii as aluka lhairohaa wakhairo ahlihaa wakhairo maa fiihaa wa a'uudzubika min syarrihaa wa syaarri ahlihaa wa syarri maa fiihaa. 

Artinya: "Ya Allah, saya mohon kepada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan yang ada di dalamnya."

6 dari 6 halaman

Doa Masuk Rumah

‎اللّٰهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ المَوْلِجِ وَ خَيْرَ المَخْرَجِ, بِاسْمِ اللّٰهِ وَ لَجْنَا، بِاسْمِ اللّٰهِ خَرَجْنَا، وَ عَلَى اللّٰهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma innii as-aluka khairal mauliji, bismillahi wa lajnaa, wa bismillahi kharajnaa, wa 'alallahi rabbanaa tawakkalnaa 

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan kebaikan tempat keluar, dengan menyebut nama-Mu kami masuk, dengan menyebut nama-Mu kami keluar, dan hanya kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakkal.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.