Sukses

Total Libur Idul Fitri 2024 Uni Emirat Arab Hingga 10 Hari

Uni Emirat Arab mengumumkan libur Idul Fitri tahun ini sebanyak 10 hari yang dimulai sejak tanggal 8 April 2024.

Liputan6.com, Sharjah - Pemerintah Sharjah, Uni Emirat Arab (UEA) mengumumkan libur satu minggu untuk pegawai sektor publiknya mulai Senin 8 April 2024.

Mulai Senin kemarin, pegawai pemerintah federal menikmati hari libur tersebut sampai Minggu, 14 April 2024.

Jam kerja reguler setelah libur Lebaran kemudian akan dilanjutkan pada Senin, 15 April.

Tanggal libur ini ditetapkan setelah pengumuman pemerintah UEA yang menetapkan libur satu pekan bagi pegawai sektor publiknya pada hari Minggu, 31 Maret 2024.

Karena Jumat, Sabtu, dan Minggu adalah hari akhir pekan resmi di Sharjah bagi pegawai federal, pegawai pemerintah yang biasanya menjalankan empat hari kerja dalam seminggu akan diberikan istirahat 10 hari untuk merayakan Idul Fitri, yang menandai akhir bulan Ramadan, periode puasa yang panjang.

Terlepas dari penampakan Bulan atau hilal, hari libur resmi akan dimulai pada tanggal 8 April. Sesuai kalender Islam, Ramadhan berlangsung selama 29 atau 30 hari, tergantung kapan hilal terlihat.

Adapun Idul Fitri dirayakan pada tanggal 1 Syawal, 1 bulan setelah bulan Ramadan berlangsung.

Menjelang akhir bulan suci Ramadhan, kegembiraan meningkat di UEA karena penduduknya bersiap untuk merayakan hari libur terpanjang tahun ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tahun Lalu, Uni Emirat Arab Libur Hanya 4 Hari

Jika tahun ini Uni Emirat Arab meliburkan warganya cukup panjang, yaitu 10 hari, tahun lalu UEA hanya libur 4 hari saja.

Libur Lebaran Idul Fitri 2023 diumumkan untuk sektor swasta dan nirlaba di Arab Saudi.

Kementerian Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial mengatakan dalam sebuah cuitan di Twitter bahwa liburan Idul Fitri akan dimulai pada Jumat, 21 April 2023.

Libur lebaran di Arab Saudi akan berlangsung selama empat hari. Kemudian, jam kerja reguler akan dimulai pada Selasa, 25 April.

Pihak berwenang juga meminta pengusaha untuk mematuhi ketentuan alinea kedua Pasal (24) peraturan pelaksana undang-undang ketenagakerjaan.

Festival Idul Fitri, yang dirayakan setelah bulan suci pertama Syawal yakni bulan setelah Ramadhan dalam kalender Hijriah, akan menandai akhir pekan panjang pertama tahun 2023 di Uni Emirat Arab (UEA). Kemungkinan dari Kamis, 20 April, hingga Minggu, 23 April.

Bulan suci Ramadhan di UEA dimulai pada Kamis, 23 Maret. Bulan Islam berlangsung selama 29 atau 30 hari, tergantung kapan Bulan terlihat. Sesuai perhitungan astronomi, Ramadhan akan berlangsung selama 29 hari tahun ini, dilansir dari Khaleej Times, Rabu (12/4/2023).

3 dari 4 halaman

Jumlah Muslim di Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab, sebagai negara yang menghargai perbedaan, mendukung inklusi dan keterbukaan di seluruh kawasannya, dan menjamin kebebasan beribadah bagi semua masyarakat di negara tersebut.

Saat ini muslim, dan non-muslim, Emirat dan non-Emirat hidup berdampingan secara damai di UEA. Seperti dilansir dari UEA Embassy, Senin (1/04/2024).

Lebih dari 75 persen penduduk UEA adalah Muslim. UEA percaya pada sifat sejati Islam sebagai agama perdamaian dan kasih sayang, sekitar 12,6 persen penduduk UEA memeluk agama Kristen, dan UEA kini menjadi rumah bagi sekitar 40 gereja dan sekitar 700 kementerian. 

Masih ada banyak agama lain di UEA, dan libur panjang bulan suci Ramadan bukan hanya dikhususkan untuk orang muslim saja, tetapi untuk seluruh masyarakat, walaupun memiliki agama yang berbeda.

 

 

 

4 dari 4 halaman

Jelang Hari Raya Idul Fitri dan Libur Lebaran, Terapkan 3 Langkah Ini Agar Tubuh Tetap Sehat

Menjaga kesehatan selama libur Idul FItri, bisa dimulai dari merencanakan aktivitas produktif untuk kebugaran tubuh hingga memprioritaskan makanan sehat dan perawatan diri setiap harinya.

Biasanya, saat anda bepergian, anda akan menghadapi banyak hal yang tidak terduga, seperti penundaan penerbangan, macet lalu lintas, dan banyak hal lain yang diluar rencana.

Berikut ini merupakan 3 langkah sehat yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh tanpa meninggalkan semua hal menyenangkan yang anda sukai saat liburan, dilansir dari Shape, Senin, (1/4/2024)

1. Persiapan Sebelum Perjalanan

Menjaga rutinitas kesehatan saat liburan memerlukan perencanaan untuk membantu anda mempersiapkan hal-hal apa saja yang diperlukan selama liburan.

Persiapkan untuk membawa camilan sehat. Camilan adalah teman terbaik untuk menemani perjalanan anda. Memilih camilan untuk perjalanan liburan perlu memerhatikan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

2. Lakukan Olahraga Ringan Selama Liburan

Ketika liburan, sering kali rutinitas olahraga tidak begitu diperhatikan karena terlalu sibuk dengan jadwal menjelajahi destinasi wisata.

Penting untuk diingat bahwa melakukan gerakan kecil sepanjang hari, dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Hal ini dapat meningkatkan energi, daya tahan, kekuatan, dan mobilitas anda.

3. Prioritaskan Makan Makanan Bergizi Selama Liburan

Liburan tentunya tidak terlepas dari ekslorasi berbagai macam kuliner, tetapi penting untuk tetap memprioritaskan makanan bergizi sambil menikmati makanan lokal.

Sering kali dalam bepergian anda akan makan berlebihan dari biasanya, entah itu karena sedang merayakannya, atau bersemangat mencoba makanan baru. 

Noam Tamir, C.S.C.S., pemilik TS Fitness di New York City, menyarankan untuk memesan makanan yang anda sukai dan mampu menghabiskannya dengan nyaman.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini