Sukses

Ingin Turunkan Berat Badan saat Puasa? Ini Tips Ampuh yang Wajib Dicoba

Selain memliki banyak manfaat, puasa ramadhan juga menjadi kesempatan untuk menurunkan berat badan agar mencapai ideal.

Liputan6.com, Jakarta - Menjalankan puasa di bulan Ramadhan tidak hanya menjadi suatu nilai ibadah namun juga memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Sehingga Ramadhan menjadi waktu yang tepat untuk memperbaiki pola hidup.

Disamping memiliki banyak manfaat, ternyata puasa Ramadhan juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Dokter Martha Fitri Alextina yang merupakan dokter umum dari Klikdokter.

Ia menuturkan bahwa selain menjadi bulan untuk beribadah, puasa Ramadhan juga menjadi kesempatan untuk menurunkan berat badan agar mencapai ideal.

Caranya adalah dengan pola makan yang teratur dan tidak berlebihan selama puasa. Menurutnya berat badan sebenarnya dipengaruhi oleh lebih dari 70 persen dari makanan yang masuk ke tubuh.

Jika kamu ingin menurunkan berat badan saat puasa Ramadhan agar menjadi lebih ideal, berikut beberapa tips yang bisa diikuti, dikutip dari lamam dream.co.id.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Hindari Makanan Tinggi Gula

Tips untuk menurunkan berat badan saat puasa yang pertama adalah dengan menghindari makanan tinggi gula.

Sebenarnya pada waktu berbuka, kita boleh mengkonsumsi makanan atau minuman manis. Namun hal tersebut hanya untuk memudahkan tubuh mencerna asupan yang masuk agar energi lebih cepat diproduksi.

Jika kamu memiliki niat untuk menurunkan berat badan saat puasa Ramadhan, hindarilah mengkonsumsi makanan tinggi gula berlebihan. Seperti puding, cake, atau donat yang dibalur coklat.

3 dari 6 halaman

2. Hindari Konsumsi Gorengan Berlebihan

Tips menurunkan berat badan saat puasa Ramadhan selanjutnya adalah dengan menghindari konsumsi gorengan berlebihan.

Gorengan mengandung minyak dan karbohidrat sehingga akan mengendap dalam tubuh. Selanjutnya gorengan akan menambah deposit lemak dalam tubuh.

Kamu bisa mengatur porsi makan dengan menggunakan piring yang lebih kecil sehingga akan mudah cepat penuh. Hal tersebut juga mendorong kita tidak mengambil porsi makanan yang terlalu banyak.

Selain itu, lakukan makan sahur saat mendekati imsak serta mulai makan berat untuk berbuka setelah sholat tarawih. Dengan pola teratur tersebut akan membiasakan diri untuk merasa kenyang dengan porsi yang wajar.

4 dari 6 halaman

3. Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Memperbanyak konsumsi makanan berserat juga merupakan tips menurunkan berat badan saat puasa Ramadhan.

Mulailah mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dan antioksidan, seperti buah beri, kacang almond, coklat, buah delima dan sayur-sayuran. Makanan tersebut akan membantumu lebih cepat kenyang. 

Usahakan untuk tetap mengonsumsi buah dan sayuran serta protein dengan komposisi setengah dari porsi makan. Sehingga membuat rasa kenyang yang lebih lama.

5 dari 6 halaman

4. Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Memperbanyak konsumsi air putih selama bulan puasa juga bisa menjadi tips untuk menurunkan berat badan saat puasa Ramadhan.

Ketika puasa kita tidak bisa makan dan minum selama 12 jam, hal itu membuat tubuh memerlukan asupan cairan yang cukup.

Paling tidak kamu mengkonsumsi delapan hingga duabelas gelas perhari. Kamu bisa menggunakan rumus 2-4-2, dua gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam, dan dua gelas saat sahur. Hal ini akan membantu menurunkan berat badan saat puasa karena akan membantumu cepat kenyang dan menahan diri agar tidak tergoda makan berlebihan.

6 dari 6 halaman

5. Cukupi Kebutuhan Tidur dan Olahraga Rutin

Tips menurunkan berat badan saat puasa Ramadhan juga bisa dilakukan dengan mencukupi kebutuhan tidur.

Pastikan tetap mendapat waktu tidur minimal 7-8 jam sehari. Kamu juga bisa melakukan tidur siang selama satu jam untuk menghindari kurang tidur akibat sahur di pagi hari.

Kurang tidur dapat meningkatkan kadar hormon ghrelin yang menyebabkan nafsu makan bertambah sehingga ketika waktunya buka puasa kita bisa jadi kalap dan makan terlalu banyak.

Olahraga rutin

Meskipun berpuasa, kamu tetap harus melakukan olahraga. Selain berniat menurunkan berat badan, sebenarnya olahraga juga bermanfaat menjaga kesehatan tubuh. Tubuh jadi lebih sehat dan bugar.

Luangkan waktu 30-60 menit sebelum berbuka untuk meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.