Sukses

Bantu Kebutuhan Ramadan, Pupuk Kaltim Bagi-Bagi 4.160 Paket Sembako

Kartini merupakan salah satu dari ribuan warga kurang mampu di Kota Bontang, yang tahun ini mendapat bingkisan sembako Ramadan 1445 H dari Pupuk Kaltim

Liputan6.com, Jakarta Senyum sumringah menghiasi wajah Kartini (52) saat keluar dari Hotel Grand Equator Bontang, sambil membawa satu tas penuh berisi sembako di tangan kanannya. Beriringan dengan beberapa ibu-ibu lainnya, warga Tanjung Laut Bontang Selatan itu tak berhenti mengucap syukur atas berkah yang diterima.

Seraya menuntun bingkisan ke arah parkiran sepeda motor, Kartini sesekali tampak masih berbincang dengan bahagia bersama beberapa warga lainnnya.

Kartini merupakan salah satu dari ribuan warga kurang mampu di Kota Bontang, yang tahun ini mendapat bingkisan sembako Ramadan 1445 H dari PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim).

Program berbagi sembako ini bagian dari kepedulian Perusahaan bagi masyarakat yang rutin digelar setiap tahun, utamanya saat menghadapi bulan puasa hingga Lebaran.

"Ini ada beras, gula, minyak dan banyak lainnya. Alhamdulillah ada saja berkah rezeki di bulan Ramadan," ucap Kartini, ditulis Jumat (29/3/2024).

Kata Kartini, dia mendapat info pembagian sembako gratis Pupuk Kaltim dari Kelurahan. Namanya terdaftar sebagai salah satu warga yang berhak menerima bantuan, karena masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) non program.

Hasil pendataan Pemkot Bontang melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos PM). Atas dasar itulah, dia pun menjemput rezeki yang dinilainya sangat berarti untuk pemenuhan kebutuhan keluarga saat bulan puasa.

"Apalagi harga sembako saat ini naik semua, kami pun kesulitan karena kondisi dan keterbatasan. Makanya saya sangat berutung dan berterima kasih bisa mendapatkan bantuan ini dari Pupuk Kaltim," tambah Kartini.

Hal senada turut diungkap Rusman (55), warga Kelurahan Api-api Bontang Utara. Kata dia, saat tarawih namanya diumumkan Ketua RT di Masjid, sebagai salah satu warga yang berhak menerima bantuan PKT Proaktif Pupuk Kaltim tahun ini. "Makanya saya datang ambil bantuan," ucapnya.

Penuhi Kebutuhan Dapur

Sama seperti Kartini, Rusman menilai paket sembako ini sangat membantu dirinya untuk memenuhi kebutuhan dapur saat Ramadan. Terlebih dengan harga bahan pokok yang melonjak mulai awal puasa, membuat pria yang berprofesi sebagai buruh ini agak kesulitan memenuhi kebutuhan keluarga karena pengeluaran lebih tinggi dari sebelumnya.

Dirinya menyebut program seperti ini memiliki nilai manfaat yang besar, sebab keluarga kurang mampu seperti dirinya merasa terbantu, dan meringankan beban pengeluaran yang harus dialokasikan untuk kebutuhan pokok. Rusman juga berharap program ini terus berjalan berkesinambungan, tentunya dengan sasaran penerima yang jelas atau masyarakat yang benar-benar berhak menerima.

"Bagi sebagian orang mungkin paket seperti ini biasa, tapi bagi kami ini sangat membantu sekali. Terima kasih Pupuk Kaltim, semoga menjadi berkah bagi perusahaan dan programnya terus ada," tandas Rusman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4.160 Penerima

VP TJSL Pupuk Kaltim Sugeng Suedi, mengatakan tiap paket sembako berisi 5 Kilogram (Kg) beras premium, 1 Kg gula pasir, 2 liter minyak goreng, 15 butir telur ayam hingga satu pack makanan ringan. Tahun ini ada 4.160 penerima di Kota Bontang, dengan total bantuan senilai Rp1,1 Miliar.

Para penerima berdasarkan data Pemkot Bontang melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos PM), dengan sasaran manfaat yakni warga yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) non program, Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE), hingga para Veteran dan Piveri.

"PKT Proaktif secara umum diperuntukkan bagi warga Bontang di 15 Kelurahan tanpa terkecuali, sesuai data Dinsos-PM Bontang. Ini wujud kepedulian Pupuk Kaltim dengan berbagi manfaat dan keberkahan di bulan Ramadan," tutur Sugeng.

Selain itu Pupuk Kaltim juga melibatkan para pelaku UMKM binaan perusahaan untuk pengadaan bantuan paket sembako. Mulai dari usaha binaan di sektor perdagangan untuk pengadaan gula, telur dan minyak goreng. Lalu binaan di sektor pertanian untuk pengadaan beras, serta sektor industri rumah tangga untuk pengadaan paket makanan ringan. Ditambah para penjahit binaan untuk pengadaan tas bantuan (Goodie Bag) bekerjasama dengan PIKA PKT.

"Jadi manfaat tidak hanya bagi masyarakat penerima, tapi juga berkah bagi UMKM binaan yang diberdayakan untuk pengadaan paket sembako. Pemberdayaan ini pun setiap tahun dilakukan, khususnya pada program berbagi paket Ramadan maupun Idul Fitri," lanjut Sugeng.

 

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

SVP Teknik Pupuk Kaltim Gatot Pramu Handoko, yang hadir saat penyerahan bantuan menyampaikan jika PKT Proaktif berbagi sembako merupakan agenda rutin Pupuk Kaltim memberi manfaat, yang setiap tahun disalurkan bagi warga kurang mampu di Kota Bontang. Tidak ada pengecualian atau kekhususan penerima, namun merata bagi seluruh warga dari 15 Kelurahan yang masuk kategori penerima sesuai verifikasi Dinsos PM Bontang.

Program PKT Proaktif tahun ini juga diselaraskan dengan Employee Volunteering Initiation (Evolution), untuk melatih kepekaan dan kepedulian karyawan Pupuk Kaltim terhadap sesama dalam menyikapi kondisi sosial di masyarakat.

Maka dari itu, program bantuan ini melibatkan karyawan sebagai relawan kegiatan, untuk secara bersama menyalurkan bantuan kepada seluruh penerima yang berhak di Kota Bontang.

"Kami harap bantuan ini bermanfaat, serta bisa menjadi penambah semangat dan kebahagiaan bagi para penerima dalam memenuhi kebutuhan pokok selama Ramadan," kata Gatot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.