Sukses

6 Amalan Sunnah yang Bisa Dilakukan Wanita di Hari Jumat Ketiga Ramadhan

Amalan sunnah hari Jumat tidak hanya bisa dilakukan oleh laki-laki. Wanita pun bisa mengamalkan aktivitas-aktivitas sunnah di hari tersebut. Berikut ini beberapa amalan sunnah yang bisa dilakukan wanita di hari Jumat bertepatan Ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Jumat memiliki tempat yang istimewa dalam Islam. Jumat adalah rajanya hari atau dikenal dengan julukan sayyidul ayyam, sebutan mulia untuk hari tersebut.

Pada hari Jumat terdapat peristiwa penting yang bersejarah. Misalnya, penciptaan Nabi Adam sebagai manusia pertama. Pada Jumat juga Allah SWT mengeluarkan Nabi Adam dari surga ke bumi.

Imam Syafi’i dan Imam Ahmad meriwayatkan dari Sa’ad bin ‘Ubadah sebuah hadis tentang keutamaan hari Jumat. Salah satunya di hari mulia itu terdapat waktu mustajab untuk berdoa, permintaan seorang hamba akan Allah SWT kabulkan, selama tidak meminta dosa atau memutus tali silaturahim.

Selain itu, hari Jumat juga merupakan waktu yang baik untuk meningkatkan amal saleh. Bahkan dianjurkan untuk memperbanyak perbuatan taat di hari tersebut, terlebih saat ini momentumnya adalah bulan Ramadhan.

Amalan sunnah hari Jumat tidak hanya bisa dilakukan oleh laki-laki. Wanita pun bisa mengamalkan aktivitas-aktivitas sunnah di hari tersebut. Berikut ini beberapa amalan sunnah yang bisa dilakukan wanita di hari Jumat bertepatan Ramadhan, dinukil dari NU Online.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Amalan Jumat untuk Wanita

1. Mandi Jumat

Amalan sunnah di hari Jumat ini tidak hanya berlaku bagi laki-laki, wanita pun bisa melaksanakannya. Hal ini sebagaimana ditegaskan dalam hadis riwayat Ibnu Hibban dari Ibnu Umar.

“Barangsiapa yang mendatangi sholat Jumat baik laki-laki maupun perempuan maka hendaklah mandi.”

Wanita yang mendapatkan kesunnahan mandi Jumat apabila ia turut serta melaksanakan ibadah Jumat. Apabila ia memilih sholat dzuhur di rumah, maka tidak lagi disunnahkan baginya.

Namun, menurut Syekh Muhammad Nawawi Al-Bantani dalam kitabnya Nihayatuz Zain, meskipun tidak melaksanakan sholat Jumat, mandi Jumat tetap disunnahkan baginya.

2. Memperbanyak Sholawat

Selawat kepada nabi memang dapat dilakukan kapan saja, namun khusus hari Jumat selawat kepada nabi dianjurkan dibaca lebih banyak. Anjuran ini tidak terbatas orang tertentu, wanita pun bisa menjalankannya.

Memperbanyak sholawat nabi di hari Jumat didasarkan pada hadis berikut.

Perbanyaklah sholawat kepadaku pada mal Jumat dan hari Jumat, barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat kepadanya 10 kali.” (HR Al-Imam Al-Baihaqi dengan sanad yang baik)

3. Membaca Surah Al-Kahfi

Pada hari Jumat wanita muslim juga dapat menjalankan amalan sunnah lainnya, yakni memperbanyak bacaan surah Al-Kahfi. Anjuran memperbanyak bacaan surah Al-Kahfi di hari Jumat sesuai dengan hadis berikut.

Barangsiapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat maka akan ada cahaya yang menyinarinya di antara 2 Jumat." (HR Al-Hakim)

3 dari 3 halaman

Amalan Jumat untuk Wanita

4. Memperbanyak Berdoa 

Doa merupakan wujud penghambaan dan kepasrahan manusia kepada Tuhannya. Memanjatkan doa sebanyak-banyaknya sangat disunnahkan di hari Jumat. Sebab, ada satu masa yang dirahasiakan Allah swt di hari Jumat ini terkabulnya doa yang dipanjatkan bertepatan dengan waktu tersebut. Hal ini sebagaimana dijelaskan Syekh Jalaluddin Al-Mahalli dalam Syarah Minhaj At-Thalibin.   

Hal serupa juga dijelaskan Syekh Sayyid Al-habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad sebagaimana dikutip Syekh Abu Bakr bin Syatha, bahwa di hari Jumat, terdapat waktu yang mulia. Jika doa dipanjatkan pada waktu tersebut, akan dikabulkan secara mutlak. Waktu tersebut disamarkan pada keseluruhan hari itu seperti halnya yang diungkapkan oleh Al-Imam Al-Ghazali dan selainnya.

5. Membaca Surah Yasin 

Amalan berikutnya adalah membaca surah Yasin. Keutamaan membaca surah Yasin terdapat dalam hadis riwayat Abu Daud berikut.

“Barangsiapa membaca surah Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr).   

Namun, hadis tersebut berstatus lemah karena menurut Al-Manawi hadis tersebut tergolong hadis yang sanadnya terputus. Meski demikian, hadis tersebut tetap bisa diamalkan sebab berkaitan dengan keutamaan amal (fadlail al-a’mal).

6. Memperbanyak Kebajikan

Pada hari jumat pahala kebaikan akan dilipatgandakan sebanyak sepuluh kali lipat daripada hari yang lain. Keutamaan ini tidak hanya berlaku bagi laki-laki, tapi juga termasuk wanita.

Syekh Abu Bakr bin Syatha menjelaskan dalam kitab Hasyiyah I’anah At-Thalibin bahwa Ibnu Zanjawiyah dari Ibn al-Musayyab bin Rafi’, beliau berkata, "Barangsiapa yang berbuat kebaikan pada hari Jumat maka akan dilipatgandakan sepuluh kali lipat dari hari yang lain, dan barang siapa berbuat kejelekan maka juga demikian (dilipatgandakan dosanya sepuluh kali lipat). Dan disamakan hari, yaitu malam, sebab tidak ada perbedaan sama sekali.” 

Demikian enam amalan sunnah bagi wanita muslim yang dapat dilakukan di bulan pekan ketiga Ramadhan. Wallahu a'lam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.