Sukses

Trafik Internet Diprediksi Naik 20 Persen saat Ramadan dan Idul Fitri 2024

XL Axiata memprediksi trafik komunikasi saat Lebaran dan Idul Fitri anak naik antara 10-20 persen dibandingkan dengan hari biasa.

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata memprediksi akan terjadi kenaikan trafik komunikasi, terutama internet, di momen Ramadan dan Idul Fitri 2024.

Head Network Operations XL Axiata Region Jabodetabek, Okrisimon, mengungkapkan kenaikan trafik komunikasi saat Lebaran dan Idul Fitri antara 10-20 persen dibandingkan dengan hari biasa.

Untuk mengatasi peningkatan trafik internet saat Ramadan dan Idul Fitri, XL Axiata telah memetakan sebanyak 622 point of interest alias titik keramaian di seluruh Indonesia.

Mulai dari di rest area, objek wisata yang kerap dikunjungi saat libur, dan tempat-tempat ramai lainnya.

"Kenaikan trafik telekomunikasi, terutama data ini dipicu oleh berbagai aktivitas digital yang dilakukan masyarakat," ujar Okrisimon.

Secara keseluruhan, sejumlah aktivitas digital yang paling menyumbang kenaikan trafik internet antara lain streaming, browsing, media sosial, hingga gaming.

"Tim network operation melakukan monitoring aplikasi apa saja yang banyak menyebabkan kenaikan trafik komunikasi data. Mulai dari media sosial, Facebook, TikTok, dan lain-lain. Tim network berupaya mengantisipasi server untuk mengatasi kenaikan trafik," kata Okrisimon, ditemui di Jakarta saat Buka Puasa XL Axiata beberapa waktu lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aktivitas Digital Masyarakat Picu Kenaikan Trafik Internet Saat Ramadan

Selain media sosial, kata dia, platform digital lain yang juga membuat terjadinya lonjakan trafik adalah mobile gaming.

"Mobile gaming masih menjadi salah satu penyumbang (terbesar) kenaikan trafik. Adapun kenaikan trafik akses mobile gaming biasanya terjadi di jam 17.00 hingga 21.00," kata Okrisimon.

Begitu juga dengan akses ke layanan streaming yang juga menyebabkan tingginya trafik telekomunikasi.

Berkaitan dengan mudik Lebaran dalam dua minggu mendatang, Okrisimon menyebut XL Axiata memprediksi bahwa trafik komunikasi dan internet di Jakarta akan mengalami penurunan karena adanya arus mudik. Hal ini sesuai dengan pengalaman tiap tahunnya saat Lebaran.

Ia menyebut, tingginya trafik akan berpindah ke daerah-daerah tujuan mudik seminggu jelang Idul Fitri. Dalam hal ini trafik di Jawa Tengah akan meningkat 17 persen, Jawa Timur naik 16 persen, Nusa Tenggara Barat trafiknya naik 16 persen, dan Sumatera trafiknya naik 11 persen.

3 dari 3 halaman

Infografis Kebiasaan Saat Puasa Ramadan di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.