Sukses

Perjuangan Berat Qarrar Firhand Tetap Balapan Gokart di Eropa pada Ramadhan 2024

Qarrar tetap semangat balapan gokart di Eropa meski sedang menjalankan ibadah puasa.

Liputan6.com, Jakarta- Pembalap muda Indonesia Qarrar Firhand tetap semangat menjalani balapan gokart di Eropa di bulan Ramadhan 2024 ini. Seperti yang dilakukan di ajang bertajuk 'Trofeo Andrea Margutti' di sirkuit South Garda, Lonato, Italia, Minggu (17/3/2024) sore waktu Italia atau Senin (18/3/2024) dini hari waktu Indonesia. Lagi-lagi Qarrar Firhand menunjukkan semangat juang tinggi dan pantang menyerah.

Di babak final, Qarrar Firhand yang akrab disapa Al ini tampil mengesankan bahkan dari posisi start ke-9, ia melaju terus hingga mampu memimpin lomba sekitar 4 lap.

Sayang, di salah satu tikungan, posisi Al kembali disalib Joseron Killian hingga akhirnya menutup lomba hari itu dengan finis pertama dan Qarrar Firhand di posisi kedua. Tapi, sebelum naik podium, Qarrar mendapat kabar kalau ia terkena penalti sehingga posisinya melorot ke tempat kelima.

Meski begitu, Qarrar Firhand dan seluruh tim Parolin Motorsport yang menaunginya menyatakan menerima hukuman penalti itu. Pasalnya, menurut Ayahanda Qarrar, Firhand Ali, yang terpenting bagi Qarrar adalah semangat juangnya dan jiwa pantang menyerah yang ia tunjukkan sepanjang lomba.

Apalagi, menurut sang ayah yang kerap didampingi pelatih teknik Qarrar, Rolland Chong, Qarrar benar-benar mendapat acungan jempol dari sejumlah petinggi tim Parolin Motorsport lantaran apa yang ia miliki saat ini dan terus bertumbuh dalam dirinya adalah semangatnya.

"Tak mudah untuk Qarrar bisa sampai disini. Sejak awal lomba ia start di Kamis dengan posisi 5 kemudian harus turun di posisi kesembilan, berlanjut start dari posisi sembilan, mengalami masalah saat latihan hingga posisinya tertarik sampai ke-34 dan harus start dari posisi ke-34. Itu semua cerita bagaimana sulitnya Al harus berjuang sejak awal hingga bisa finis kelima setelah terkena penalti. Apalagi, ini balapan di bulan puasa. Tentu cukup berat," jelas Firhand Ali kepada media, Senin (18/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Qarrar Berjiwa Besar

Qarrar Firhand yang disupport Pertamina, Telkomsel, BTN Mobile, INTime, Eiger dan Tugu Insurance pun menyatakan puas dengan pencapaiannya.

"Syukur dengan hasil yang saya raih. Memang dari posisi 2 bisa melorot kelima itu sebel, tapi mau bilang apa lagi, sudah diputuskan judges, ya saya harus berjiwa besar menerimanya. Biar ke depan saya bisa belajar dan belajar lagi," kata Qarrar putra Firhand Ali dan Aimaa Firhand yang sudah tiga tahun bermukim di Italia dan mengenyam pendidikan di International School Brescia.

3 dari 3 halaman

Qarrar Ikut Balapan di Eropa 44 Kali

Qarrar akan menjalani 44 balapan di berbagai negara Eropa sepanjang tahun 2024. Kini Qarrar tak lagi ikut event gokart di Italia saja.

Qarrar pada tahun 2023 mengikuti ajang balapan gokart Rok Cup Italia. Menyambut tahun yang baru akan ada peningkatan. Qarrar memang masih ikut Rok Cup Italia, tapi dia kini akan mencoba menaklukkan berbagai balapan gokart di Eropa lainnya.

Selain Rok Cup Italia, tahun ini Qarrar dijadwalkan akan turun di FIA World Championship dan WSK. Kejuaraan Dunia FIA berlangsung di Inggris. Sedangkan WSK bakal dimainkan di Slovakia, Italia, dan Swedia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.