Sukses

6 Gaya Berhijab Anggun ala Ria Miranda, Inspirasi Busana untuk Pengajian Ramadan

Ria Miranda dan gaya busananya bisa jadi inspirasi Anda untuk menghadiri pengajian di bulan Ramadan yang spesial ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ramadan jadi bulan penting untuk memperbaiki kualitas ibadah dan ilmu agama, salah satunya lewat pengajian. Anda memerlukan busana yang sopan untuk mengikutinya. Agar tak itu-itu saja, Anda bisa mengubah gaya busana ala desainer kenamaan Indonesia, Ria Miranda.

Ria Miranda, pemilik jenama dengan nama yang sama, adalah seorang desainer fesyen muslim yang rancangannya selalu jadi tren di kalangan muslimah. Dia kerap mengunggah gaya busananya pada akun Instagram @riamiranda. Tak perlu repot-repot menggulir layar ponsel, kami sudah merangkum gaya busana Ria Miranda yang anggun dan bisa disontek untuk menghadiri pengajian.

 1. Tunik dan Celana Bahan

Tunik jadi salah satu pakaian pokok hijabers, terutama untuk kegiatan yang spesial seperti pengajian. Pada tampilan ini, perempuan berdarah Minang itu mengenakan tunik yang super unik yang berwarna dan penuh bordir.

Pada bagian atasnya berwarna biru dengan motif floral dan bordir, lalu bagian pinggangnya berwarna merah bercampur hitam. Sedangkan bagian ujungnya adalah bahan plisket warna hitam. Karena atasannya sudah ramai motif, ia memadankannya dengan celana bahan hitam polos.

Ia juga memakai hijab segi empat putih polos yang dililitkan ke belakang sehingga terkesan rapi. Pada takarir unggahan tersebut, Ria memberikan tips agar tampilanmu terlihat lebih spesial, yakni menambahkan bros agar outfitmu terlihat lebih standout. Dalam foto yang diunggah pada Rabu, 29 November 2023 tersebut, Ria menggenapi penampilannya dengan sandal jelly warna beige dan tas jinjing berwarna putih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Kardigan Oversized

Untuk busana pengajian yang berbeda dari biasanya, Anda bisa memakai kemeja yang dilapisi dengan kardigan longgar, seperti gaya Ria pada unggahannya di laman pribadinya, Minggu, 22 Oktober 2023. Ia mengenakan kemeja warna putih dan dilapisi outer kardigan warna beige yang potongan lengannya pendek. Ia memadankannya dengan celana bahan warna senada yang beraksen kerut.

Untuk hijab, perempuan 38 tahun ini menjatuhkan pilihannya pada kerudung segi empat warna abu-abu dengan motif floral yang dikenakan dengan cara dililitkan ke leher sehingga bagian kerah kemejanya terlihat jelas. Alas kaki yang dipakai oleh Ria adalah sandal jelly berujung lancip berwarna krem. Pada tampilan ini, Ria terlihat lebih kasual namun tetap anggun.

 

3. Tunik sebagai Outer

Beberapa gaya tunik memiliki model kancing depan sehingga bisa dibuka seperti kemeja. Jenis yang demikian membuat kamu bisa menggunakannya sebagai dua jenis pakaian yang berbeda. Kamu bisa coba jelajahi koleksi tunikmu yang berkancing dengan menjadikannya outer atau luaran pakaian.

Seperti yang dilakukan Ria pada unggahannya, Selasa, 3 Oktober 2023. Perempuan kelahiran Padang ini mengenakan tunik sebagai outer. Ia tampak elegan dengan baju ungu yang dilapisi luaran tunik warna biru pucat dan bermotif floral. Celana yang dipakainya adalah denim berpotongan lurus dan longgar. Untuk kerudung, Ria memilih hijab segi empat polos warna salem yang dikenakan dengan kedua ujung disilang namun tetap menutupi dada.

3 dari 4 halaman

4. Plisket yang Elegan

Plisket sedang jadi tren mode pakaian perempuan muslim belakangan ini. Ini bisa jadi busana spesial untuk dipakai ke pengajian. Kalau bingung karena plisketmu multi-warna, kamu bisa tiru gaya Ria pada fotonya satu ini.

Pada unggahanya di laman Instagram, Sabtu, 2 September 2023, pemilik jenama Riamiranda ini mengenakan gamis plisket super panjang dengan warna campuran ungu, putih, dan hijau. Gamis berlengan rumbai warna putih polos. Perempuan kelahiran 15 Juli 1985 ini mengenakan kerudung model segi empat warna pink pucat yang digayakan dengan dililit ke leher dengan ujung yang ditaruh ke depan. Tak lupa ia memperindah gayanya dengan bros bunga besar di salah satu sisi lehernya.

 

5. Blus dan Celana Bahan

Siapa bilang kalau datang ke pengajian harus selalu pakai gamis? Kamu juga bisa coba untuk gunakan pakaian yang lebih formal seperti blus dan celana bahan longgar untuk pergi ke acara keagamaan.

Inspirasi gaya busana blus yang sopan dan elegan bisa kamu lihat pada foto yang diunggah Ria di laman instagramnya, Jumat,  11 Agustus 2023. Perempuan lulusan Universitas Andalas ini memamerkan koleksi blus yang bermotif melati keluaran jenamanya.

Blus dengan warna dasar krem dan hiasan gambar bunga yang berwarna-warni itu dipadukan dengan celana bahan putih longgar sehingga berkesan formal ala wanita karier. Kerudung yang dikenakan Ria adalah model segi empat polos warna beige yang seperti biasa, dililitkan di leher namun tetap menutupi dada.

Sepatu yang dipakai adalah loafers imut berwarna pink muda. Ria juga tampak menenteng sebuah tas warna beige keluaran jenama pribadinya.

4 dari 4 halaman

6. Gamis Floral

Pilihan terakhir untuk outfit pengajian tentu saja gamis berpotongan lurus. Jenis gamis ini jadi model yang paling mudah dijumpai dan cocok untuk semua bentuk kegiatan keagamaan. Namun, kamu tetap harus berhati-hati dalam memilih warna hijab yang cocok dengan gamismu.

Ria Miranda dalam unggahannya pada Kamis, 8 Februari 2024 mengenakan gamis putih motif bebungaan dengan potongan lurus. Bagian lengan gamis tersebut memiliki aksen double-layer yang unik. Selain itu, dia memasangkannya dengan kerudung segi empat warna ungu dengan model hijab yang dililitkan ke dada namun tetap sopan. Tak lupa, ia mengaitkan bros di salah satu sisi bahunya untuk kesan yang lebih elegan. Untuk alas kaki, Ria tampak mengenakan sandal jelly kesukaanya berwarna abu-abu.

Tampilan sederhana ini memang lekat dengan gaya ibu-ibu pengajian. Namun, karena model gamisnya yang cerah, Ria jadi tampak lebih muda mengenakan pakaiannya tersebut. Model outfit ini wajib kamu contoh ketika ingin mengenakan gamis ke pengajian atau acara-acara lain agar tidak kelihatan lebih tua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.