Sukses

Beef Brisket, Rekomendasi Menu Buka Puasa 'Langka' dari Cirebon

Beef Brisket terkenal dengan bumbu yang sederhana dan cocok disantap dengan berbagai saus cocolan

Liputan6.com, Cirebon Olahan daging sapi seakan tak pernah lepas dari hidangan yang tersaji khususnya di bulan Ramadan. Ragam kuliner dari olahan daging menjadi menu pilihan buka puasa. 

Salah satunya menu olahan daging asap bernama Beef Brisket. Belakangan, menu daging asap tersebut sedang banyak dibicarakan. 

Wangi aroma daging asap yang diolah dengan beragam jenis rempah menjadikannya sebagai kuliner khas. Menu tersebut hanya tersedia di Hotel Aston Cirebon

"Tiap tahun pada bulan Ramadan menu ini selalu ada di Kampung Ramadan Aston Cirebon hotel," kata Executive Chef ASTON Cirebon, Zain, Kamis (14/3/2024).

Beef Brisket terkenal dengan bumbu yang sederhana dan cocok disantap dengan berbagai saus cocolan.

Ia mengatakan, dalam program Kampoeng Ramadan, Aston Cirebon menawarkan sejumlah makanan dari berbagai segmen. Total ada 225 menu yang disajikan Aston Cirebon Hotel di Kampung Ramadan. 

"Jadi menu andalan makannya tiap tahun juga banyak yang minta Beef Brisket selalu ada," ujar Zain. 

Chef Zain mengatakan, pada Ramadan kali ini, daging brisket langsung didatangkan dari Australia. Penyajiannya, daging tersebut dimarinasikan dengan oregano.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menu Langka

Marinasi sendiri merupakan proses perendaman daging dalam suatu larutan yang mengandung berbagai konsentrasi garam, rempah- rempah, asam organik dan tumbuhan herbal.

Sedangkan oregano adalah rempah-rempah pokok yang biasanya banyak digunakan dalam masakan di seluruh dunia.

"Daging bagian brisket kita impor dari Australia, itu kita marinasi dengan organo, ada paprika bubuk, terus ada garam, lada hitam dan lain-lain," ujar Zain. 

Setelah dicampuri dengan berbagai rempah, daging diasap selama kurang lebih 10-12 jam. Proses pengasapan juga bergantung dari ketebalan daging tersebut.

Hal itu membuat daging memiliki cita rasa tersendiri saat disantap. Untuk lebih bisa dinikmati, menggunakan cocolan sambal menjadi cara yang pas menikmati Beef Brisket.

"Untuk menyajikan di Kampoeng Ramadan kali ini, kami butuhkan 50 kilogram per hari," jelas dia.

Kata Zain, Beef Brisket menjadi salah satu menu mengesankan untuk berbuka puasa. Apalagi, di Cirebon sendiri, Beef Brisket masih sulit ditemui.

"Di Cirebon itu sulit ditemui, makanya bagi yang ingin mencicipi Beef Brisket bisa datang ke Kampoeng Ramadan selama puasa," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini