Sukses

Cara Praktis dan Singkat Menulis Allah ﷻ dan Rasulullah ﷺ  di Microsoft Word

Sering kita temui tulisan latin menyingkat lafal Shallallahu ‘alaihi wasallam menjadi SAW. Demikian halnya dengan Subhanahuwata’ala menjadi SWT. Sebab, tulisan arab yang dikonversi ke dalam tulisan latin jika tidak disingkat dirasa terlalu panjang.

Liputan6.com, Jakarta - Sering kita temui tulisan latin menyingkat lafal Shallallahu ‘alaihi wasallam menjadi SAW. Demikian halnya dengan Subhanahuwata’ala menjadi SWT. Sebab, tulisan arab yang dikonversi ke dalam tulisan latin jika tidak disingkat dirasa terlalu panjang. 

Namun ada simbol-simbol artistik islami untuk menuliskan lafal-lafal tersebut dalam bentuk yang cukup singkat dan artistik tanpa harus menyingkat lafal-lafalnya. 

Sebagai contoh, Shallallahu ‘alaihi wasallam dapat ditulis dengan karakter artistik arab  atau lafal Jalla Jalaluh menjadi

Program untuk membuatnya karakter arab islami ini cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia, yakni menggunakan program Microsoft Word.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mempercantik Tulisan

Salah satu manfaat yang diperoleh jika kita menggunakan karakter-karakter itu, maka akan lebih mempercantik tulisan yang kita buat. Misalnya Rasulullah SAW. 

Jika dipadukan dengan karakter SAW tadi, tulisan menjadi Rasulullah . Tentu menjadi semakin cantik dan indah bukan? 

Adapun program untuk membuat karakter-karakter artistik islami bukan sesuatu yang asing, bahkan cukup familiar bagi kita yang menekuni dunia ketik-mengetik. 

Program tersebut ialah MS Word. Tak terbayang tentunya oleh kita bahwa ternyata MS Word memiliki segudang layanan yang menarik selain hanya untuk ketik mengetik. 

Cara membuatnya pun terbilang sangat mudah dan praktis tanpa harus melewati proses yang panjang dan rumit.

 

3 dari 3 halaman

Tutorial Membuat Karakter Islami Artistik

Mengutip Islampos.com, kali ini kami akan memberikan sedikit tutorial tentang cara membuat karakter shalawat kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam (ﷺ) dengan mudah di Microsoft Word. 

Selain untuk membuat karakter shalawat tersebut, kita juga bisa membuat lafadz Allah (ﷲ), Muhammad (ﷴ), Basmalah (﷽), Jalla Jalaluhu (ﷻ) dan lain-lain. 

Berikut ini adalah kode shortcut atau jalan pintas untuk menuliskan lafadz-lafadz tersebut di Microsoft Word dengan mudah, cepat dan singkat.

Allah ﷲ: Tulis FDF2 kemudian blok huruf FDF2 kemudian tekan tombol ALT + X.

Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ﷺ: Tulis FDFA kemudian tekan tombol ALT + X.

Muhammad ﷴ: Tulis FDF4 kemudian tekan tombol ALT + X.

Basmalah ﷽: Tulis FDFD kemudian tekan tombol ALT + X.

Jalla Jalaluhu ﷻ: Tulis FDFB kemudian tekan tombol ALT + X.

Wasalam ﷸ: Tulis FDF8 kemudian tekan tombol ALT + X.

Qala ﷱ: Tulis FDF1 kemudian tekan tombol ALT + X. 

Itulah shortcut untuk membuat kalimat Arab seperti lafadz Allah (ﷲ), Muhammad (ﷴ), Basmalah (﷽), Jalla Jalaluhu (ﷻ) dan lain-lain di MS Word dengan mudah. 

Adapun untuk karakter-karakter artistik islami yang lain bisa dicari sendiri menggunakan cara-cara di atas dengan terlebih dahulu mengetik kombinasi huruf dan angka sebagaimana contoh-contoh di atas.

 

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.