Sukses

Apakah Istri Tidak Cemburu kepada Bidadari di Surga?

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria dijanjikan akan memiliki istri lebih dari satu di surga. Selain istrinya sendiri, di surga ia akan dipasangkan dengan perempuan dari golongan bidadari.

Salah satu hadis yang menerangkan tentang ini ialah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah.

Ketika menjawab pertanyaan Ibnu Sirrin. Abu Hurairah menjawab dengan sabda Rasulullah SAW: "Setiap orang memiliki dua istri. Sumsum tulang di bagian betisnya terlihat dari balik daging. Di dalam surga tidak ada laki-laki yang hidup membujang." (HR Muslim)

Bahkan seorang muslim yang meninggal dalam keadaaan syahid akan diberikan nikmat yang berlipat ganda oleh Allah SWT. Mereka akan dinikahkan dengan 70 bidadari, sehingga jumlah keseluruhan istrinya menjadi 72.

Akan tetapi, berangkat dari karakteristik wanita yang sangat pencemburu, maka muncul pertanyaan: Apakah seorang istri tidak merasa cemburu kepada bidadari yang juga menjadi pasangan suaminya di surga kelak?

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apakah Merasa Cemburu?

Menukil Wahdah.or.id, pasangan suami istri di dunia yang sama-sama masuk surga akan dipertemukan dan disatukan kembali dengan sifat dan rupa yang lebih sempurna. Dan di antara karunia yang diberikan Allah kepada pria bahwa ia boleh memiliki istri lebih dari satu baik di dunia, apalagi di akhirat.

Hanya saja, segala perkara yang dapat merusak atau mengurangi kenikmatan akhirat akan dicabut dari hati setiap penghuni surga, seperti cemburu, iri hati, sedih, dan lain sebagainya. Allah Azza wa Jalla berfirman:

Dan Kami lenyapkan segala rasa dendam yang berada dalam hati mereka, sedang mereka merasa bersaudara duduk berhadap-hadapan di atas dipan-dipan.” (QS. Al-Hijr: 47)

Juga firman Allah:Dan mereka berkata: “Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampum lagi Maha Mensyukuri.Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; didalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu”. (QS. Fathir: 34-35).

Artinya, meski suaminya di surga kelak memiliki istri lebih dari satu, tetapi isteri-isteri lainnya tidak akan merasa cemburu, resah, sedih, dan lain sebagainya. Sehingga tidak ada keinginan agar suaminya tidak memiliki istri selain dirinya.

3 dari 3 halaman

Bolehkan Istri Meminta Suaminya Tidak Poligami di Surga?

Adapun jika seorang wanita tetap berkeinginan agar suaminya tidak berpoligami di surga, maka tidak ada dalil khusus yang melarangnya. Namun apakah kelak suaminya akan rida atau tidak, atau apakah keinginannya tersebut akan dikabulkan atau tidak, hanya Allah Yang Maha Tahu.

Sebaiknya pasangan suami istri di dunia saling bekerjasama dan menasehati dalam takwa , amal sholeh dan kesabaran yang dapat menghantarkan keduanya ke surga, saling mendoakan akan menjadi penghni surga. Dan menyibukkan diri dengan perkara-perkara yang bermanfaat untuk akhirat dan dunianya.

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.