Sukses

Penampakan Sapi Kurban Presiden Soeharto dan Ibu Tien Soeharto di Masjid Agung Purwokerto

Salah satu keluarga yang rutin beribadah kurban di Purwokerto adalah keluarga presiden kedua RI, Soeharto. Itu termasuk pada momen Idul Adha 2023 ini

Liputan6.com, Purwokerto - Ibadah Kurban merupakan ibadah yang paling utama pada hari raya Idul Adha. Ribuan umat Islam di Indonesia berkurban pada hari besar Islam ini.

Salah satu keluarga yang rutin beribadah kurban di Purwokerto adalah keluarga presiden kedua RI, Soeharto. Itu termasuk pada momen Idul Adha 2023 ini.

Beberapa tahun terakhir, keluarga Soeharto berkurban di Masjid Agung Baitussalam, Purwokerto. Pasalnya, salah satu menantu Presiden Soeharto memang asli Banyumas, yakni Mayangsari, istri Bambang Trihatmodjo.

Sekretaris Panitia Idul Adha Masjid Agung Baitussalam, Slamet Hartono telah menerima satu ekor sapi kurban atas nama Bambang Trihatmodjo pada Rabu (28/6/2023) pukul 03.20 WIB.

"Sapi tersebut diserahkan oleh Iwa dan Endang yang dibawanya dari Peternakan Tapos, Bogor," ujar Slamet Hartono.

Sapi kurban tersebut diatasnamakan tujuh orang, termasuk di antaranya almarhum Soeharto dan Ibu Tien Soeharto.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar 7 Shohibul Qurban Sapi yang Diserahkan Bambang Trihatmodjo

Di Kabupaten Bogor ada peternakan sapi peninggalan Presiden RI kedua Soeharto. sapi dari peternakan itulah yang seringkali menyuplai kebutuhan hewan ternak, termasuk untuk keluarga sendiri. 

Menurut Slamet ibadah kurban sapi dapat dilakukan untuk tujuh orang. Sapi dari Bambang Triatmodjo diatasnamakan almarhum Soeharto dan Ibu Tien, orangtua Mayangsari, juga Bambang Triatmodjo sendiri beserta keluarganya.

Selengkapnya, sapi tersebut atas nama shohibul qurban:

1. Bambang Trihatmodjo bin Soeharto

2. Agustina Mayangsari binti Sugito Purbocarito

3. Khirani Siti Hartina binti Bambang Trihatmodjo

4. HM Soeharto bin Panjang (Almarhum)

5. Hj Fatimah Siti Hartinah Soeharto binti Somoharyomo (Almarhum)

6. Sugito Purbocarito bin Niswan Hadiwiseno (Almarhum), dan

7. Larasatun binti Muhammad Jaelani.

Adapun jumlah hewan kurban di Masjid Agung Baitussalam Purwokerto hingga Rabu (29/6/2023) tercatat sebanyak 11 ekor sapi 10 ekor kambing yang berasal dari berbagai kalangan antara lain dari Rektorat Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Bambang Trihatmodjo, Hj Novita Wijayanti, Achmad Alatas, dan dari yang lainya.

"Sapi dan Kambing disembelih sekitar pukul 07.30 WIB hari ini Kamis, 29 Juni 2023," ungkap Slamet.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.