Sukses

Ingin Bayar Zakat Fitrah Secara Online via Tokopedia? Simak Langkah-Langkahnya Berikut Ini

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui cara melakukan bayar zakat fitrah secara online melalui Tokopedia.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu zakat yang perlu ditunaikan oleh Umat Islam menjelang Idul Fitri di bulan Ramadhan adalah zakat fitrah. Pada dasarnya, ada dua cara membayar zakat fitrah di Indonesia, yakni dengan uang atau makanan pokok dimana bagi orang Indonesia adalah beras.

Adapun nilai pembayaran zakat fitrah dengan makanan pokok adalah 1 sha, tapi tidak ada kesepatakan tunggal di antara para ulama untuk konversi dari 1 sha ke kilogram. Karenanya, kisaran yang lazim ditemukan adalah 2,5 hingga 3 kg.

Seiring perkembangan teknologi, pembayaran zakat fitrah pun kini bisa dilakukan secara online. Banyak platform yang telah memfasilitasi bayar zakat fitrah secara online, salah satunya adalah Tokopedia.

Untuk menghadirkan pembayaran zakat fitrah ini, Tokopedia telah bekerja sama dengan beberapa Lembaga Amil Zakat Nasional. Dengan pembayaran melalui platform digital, kamu yang mungkin tidak sempat membayarkan zakat secara langsung bisa memanfaatkannya.

Nah, bagi kamu yang ingin menuaikan zakat fitrah secara online via Tokopedia, Liputan6.com akan merangkum langkah-langkahnya melakukan pembayaran zakat tersebut. Untuk itu, simak informasinya berikut ini.

Cara Bayar Zakat Fitrah Lewat Tokopedia

  • Buka aplikasi Tokopedia.
  • Ketik Zakat di search bar dan pilih opsi menu Zakat Fitrah.
  • Nilai yang harus dibayarkan untuk 1 orang pembayar Zakat adalah Rp 45.000.
  • Sesuaikan berapa orang jumlah pembayar Zakat.
  • Otomatis, nilainya akan bertambah sesuai dengan jumlah pembayar.
  • Ketik nama lengkap pembayar Zakat satu per satu di baris yang berbeda (jika lebih dari satu).
  • Ketuk pada tombol Pilih pembayaran.
  • Kamu akan mendapati menu pop-up Niat zakat fitrah.
  • Setelah membaca niat, ketuk tombol Lanjut bayar.
  • Kamu akan dialihkan ke halaman pembayaran.
  • Ada beberapa opsi pembayaran, seperti mengunakan Gopay, Gopay coins, transfer bank, dan lainnya.
  • Pilih salah satu opsi pembayaran.
  • Klik pada menu Bayar.
  • Lakukan verifikasi pembayaran dan pastikan transaksi selesai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Awal Ramadhan 2023, Tokopedia Catat Peningkatan Transaksi di Kategori Fesyen Muslim

Di sisi lain, Ramadhan yang identik dengan silaturahmi ternyata cenderung mengubah pola konsumsi masyarakat, termasuk soal pakaian. Berdasarkan sejumlah data, bukber hingga Lebaran ternyata mendorong masyarat berbelanja pakaian selama Ramadhan lebih banyak.

Data Kementerian Perindustrian mencatatkan kinerja Industri Tekstil dan Pengolahan Tekstil pada 2022 menunjukkan hasil baik. Sementara data BPS menyebut konsumsi pakaian melonjak tajam pada kuartal berlangsungnya Ramadhan.

Selain dua data tersebut, Tokopedia juga menemukan hal yang sama. Menurut Category Development Senior Lead Tokopedia Aldhy Darmayo, fesyen (termasuk fesyen Muslim) menjadi salah satu kategori produk yang paling banyak dicari dan memiliki jumlah transaksi tertinggi selama Ramadhan 2022.

Untuk tahun ini, tren belanja awal Ramadhan 2023 turut menunjukkan kondisi serupa. Aldhy menuturkan,ada peningkatan penjualan gamis atau kaftan yang naik 2,5 kali lipat, baju koko naik 3,5 kali lipa, blum muslim naik 2 kali lipat, dan baju muslim keluarga naik 4, kali lipat.

"Fesyen, termasuk Fesyen Muslim, menjadi salah satu kategori yang paling banyak diburu masyarakat selama awal Ramadan 2023. Tren ini sama seperti tahun lalu," tutur Aldhy dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (3/4/2023).

Tokopedia mencatat peningkatan tertinggi jumlah penjual produk fesyen muslim awal Ramadhan 2023 ada di Tasikmalaya (Jawa Barat), Bandung (Jawa Barat), Cirebon (Jawa Barat), Surakarta (Jawa Tengah), dan Surabaya (Jawa Timur). Peningkatan tersebut hampir 1,5 kali lipat.

Sementara peningkatan jumlah pembeli produk fesyen Muslim di awal Ramadhan 2023 terjadi di Bayuwangi (Jawa Timur), Serang (Banten), Balikpapan (Kalimantan Timur), Makassar (Sulawesi Selatan), hingga Medan (Sumatera Utara). Peningkatan mencapai hampir 2 kali lipat.

3 dari 4 halaman

Hadirkan Kampanye Ramadan in Style Gaet Pelaku Usaha Lokal Fesyen Muslim

Dengan adanya peningkatan kebutuhan akan fesyen, Tokopedia pun berusaha mengakomodasi permintaan tersebut. Karenanya, Tokopedia berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis termasuk pelaku usaha lokal fesyen Muslim menghadirkan kampanye Ramadan in Style hingga 18 April 2023.

Melalui Tokopedia Ramadan in Style, masyarakat bisa mendapatkan berbagai pilihan produk baju muslim lokal dengan lebih efisien. Sebab, ada diskon hingga 99 persen, flash sale mulai Rp 1.000, dan cashback sampai Rp 300.000.

Tidak hanya itu, Tokopedia Ramadan in Style juga bekerja sama dengan Rumah Zakat untuk mengajak masyarakat berdonasi paket makanan bagi duafa, anak yatim dan piatu. Kampanye ini menjadi panggung bagi pelaku usaha lokal fesyen muslim untuk memaksimalkan penjualan di Ramadhan.

4 dari 4 halaman

Dukungan untuk Pelaku Bisnis Lokal

Selain kampanye seperti Ramadan in Style, Tokopedia juga terus memberikan dukungan kepada pelaku usaha di Indonesia. Salah satunya melalui program Perencanaan Bisnis Bersama Tokopedia (Joint Business Plan). 

"Program ini memberikan banyak manfaat, seperti perencanaan bisnis yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelaku usaha, akses prioritas ke saluran pemasaran Tokopedia Marketing Solutions, eksposur lebih dari berbagai channel Tokopedia, dan tinjauan bisnis secara rutin serta wawasan bisnis dari tim Tokopedia untuk memajukan usaha,” tutur Aldhy menutup pernyataannya.  

(Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.