Sukses

Gelar Safari Ramadhan BUMN 2O23, Sucofindo Jual 1.000 Paket Sembako Murah

Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan, Kementerian BUMN bersama PT Sucofindo menyelenggarakan kegiatan Safari Ramadhan BUMN 2023 yang hadir di Jabodetabek, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan, Kementerian BUMN bersama PT Sucofindo menyelenggarakan kegiatan Safari Ramadhan BUMN 2023 yang hadir di Jabodetabek, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Di Safari Ramadhan BUMN ini menjual 1000 paket sembako murah dan terdapat bazar UMKM BUMN yang menjual berbagai macam takjil. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan kebermanfaatan dan berkah di Bulan Suci Ramadhan bagi masyarakat sekitar.

“Sucofindo melaksanakan kegiatan Pasar Murah Sembako sebanyak 1000 paket senilai Rp 50.000,00 yang terdiri dari beras 5 kg, gula 1 kg, dan minyak goreng 1 liter, serta Bazar UMK yang terdiri dari 10 UMK binaan PT Sucofindo dan 10 UMK binaan PT Permodalan Nasional Madani (PNM)," ungkap Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Sucofindo, Budi Hartanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (8/4/2023).

Lebih lanjut Budi menyampaikan bahwa kegiatan Safari Ramadhan BUMN 2023 ini selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Nomor 3 dan 8 tentang menjamin kehidupan yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan seluruh penduduk semua usia. Selain itu berkaitan dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh, serta pekerjaan yang layak untuk semua.

“Semoga apa yang kita lakukan hari ini dapat memberikan manfaat bagi banyak pihak, khususnya masyarakat di wilayah Kota Depok,” kata Budi.

Kegiatan Pasar Murah Sembako ini disambut antuasias oleh Lurah Tugu Kecamatan Cimanggis dan warga sekitar Kelurahan Kota Depok karena melalui kegiatan ini memberikan kesempatan kepada warga untuk mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau. Lurah Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Supriyatun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian BUMN dan Sucofindo terkait dengan sembako murah.

“Kelurahan Tugu adalah Kelurahan terpadat se-Asia dengan jumlah penduduk 125.000 penduduk. Sehingga, kontribusi Sucofindo tepat sasaran dan bermanfaat bagi penduduk di Kelurahan Tugu,” kata Supriyatun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kontribusi Dukung UMKM

Lebih lanjut Supriyatun berharap bahwa kerjasama yang terjalin dengan PT Sucofindo dapat terus berlangsung, “Kami berharap bahwa kerjasama Sucofindo dan Kelurahan Tugu dapat terus berlanjut kedepannya,” ucap Supriyatun.

Nuri Hidayat selaku Kepala Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PT Sucofindo menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi Sucofindo mendukung pengembangan UMK.

“Selain dengan kegiatan Pasar Murah ini, adanya Bazar UMK merupakan salah satu upaya kami guna mendorong dan memajukan para UMK dan mitra binaan Sucofindo agar terus tumbuh dan memberikan dampak yang baik bagi perekonomian Indonesia,” kata Nuri.

Sebagian para UMK adalah mitra binaan PT Sucofindo yang telah mendapatkan sertifikasi halal gratis dan berbagai pelatihan terkait dengan mutu dan kesempatan pameran untuk promosi produknya.

“Sehingga melalui kegiatan Safari Ramadhan BUMN, banyak dari berbagai pihak baik dari masyarakat sampai dengan UMK merasakan langsung manfaat dan dampak positif dari kegiatan ini," tutup Nuri.

3 dari 4 halaman

Sucofindo Luncurkan Layanan Konsultansi ESG, Dukung Mitigasi Penurunan Emisi Karbon

PT Sucofindo mendukung implementasi program Pemerintah dalam merealisasikan penurunan emisi karbon untuk kelestarian lingkungan. Mitigasi ini dapat dilakukan melalui dukungan PT Sucofindo dalam layanan konsultansi Environmental, Social and Governance (ESG).

“Layanan konsultansi ESG PT Sucofindo mampu membantu perusahaan dan entitas dalam pembuatan roadmap dan pelatihan terkait ESG, guna peningkatan awareness dan implementasi kegiatan perusahaan yang berkelanjutan dengan orientasi pada People, Planet, and Profit,” ujar Direktur Utama PT Sucofindo Jobi Triananda dikutip Jumat (24/3/2023)

Hal ini sejalan dengan  implementasi mitigasi gas rumah kaca sesuai dengan  Perpres 61 Tahun 2011 Pasal 1 Ayat 7, mengenai usaha pengendalian untuk mengurangi risiko akibat perubahan iklim melalui kegiatan yang dapat menurunkan emisi/meningkatkan penyerapan Gas Rumah Kaca (GRK) dari berbagai sumber emisi.

Jobi Triananda menambahkan dalam upaya bisnis perusahaan yang menerapkan sustaianability, mampu menjawab tantangan global yang bertumpu pada isu sosial dan lingkungan.

“Konsultansi roadmap ESG diperlukan oleh para pemangku kebijakan guna persiapan, penilaian bagaimana mengelola risiko serta peluang terkait isu keberlanjutan terhadap tiga elemen kunci, yakni lingkungan, dampak sosial dan juga struktur tata kelola,” terang Jobi Triananda.

Penerapan sistem berkelanjutan menurut Jobi Triananda membawa sederet manfaat. Salah satunya ialah signifikan terhadap kesuksesan jangka panjang kegiatan perusahaan.

“Kesuksesan tersebut meliputi reputasi perusahaan, pengurangan risiko, manajemen peluang, serta budaya dan nilai internal perusahaan. Oleh karena itu, roadmap ESG selayaknya diterapkan di semua proses bisnis suatu entitas. Hal ini sebagai upaya bersama untuk mengurangi emisi GRK dengan cepat, mencapai netralitas karbon, dan emisi nol bersih,” ujar Jobi Triananda.

4 dari 4 halaman

Sistem Berkelanjutan

Sejalan dengan Jobi Triananda, Kepala Strategic Business Unit (SBU) Sertifikasi dan Ecoframework (SERCO) PT SUCOFINDO, Budi Utomo menuturkan implementasi sistem berkelanjutan yang memerhatikan lingkungan, sosial dan tatakelola ESG perlu diterapkan di setiap proses bisnis dalam suatu entitas dan diharapkan akan mendukung penilaian berbasis ESG.

“Karena ESG merupakan kerangka yang digunakan oleh stakeholder untuk menilai bagaimana perusahaan mengelola risiko dan peluang terkait isu keberlanjutan,” kata Budi.

Dalam komitmen untuk kelestarian lingkungan, selain layanan konsultansi ESG, Budi mengatakan bahwa PT SUCOFINDO juga menyajikan layanan jasa monitoring dan audit untuk membantu Nature Base Solutions (NBS)

“(Yaitu) Layanan monitoring lingkungan dengan teknologi mutakhir dengan menggunakan pemindaian cepat. Nantinya, monitoring tersebut mampu memberikan gambaran akurat mengenai kondisi real lapangan proyek dengan light detection and ranging, seperti untuk pemantauan lingkungan di hutan atau area kerja,” kata Budi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.