Sukses

Ingin Baju Baru di Lebaran? Tokopedia Gelar Kampanye Ramadan in Style Gandeng Pelaku Usaha Lokal

Tokopedia menggelar kampanye Ramadan in Style yang menggandeng pelaku usaha lokal untuk memenuhi permintaan masyarakat yang meningkat di bulan Ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta - Ramadhan yang identik dengan silaturahmi ternyata cenderung mengubah pola konsumsi masyarakat, termasuk soal pakaian. Berdasarkan sejumlah data, bukber hingga Lebaran ternyata mendorong masyarat berbelanja pakaian lebih banyak.

Data Kementerian Perindustrian mencatatkan kinerja Industri Tekstil dan Pengolahan Tekstil pada 2022 menunjukkan hasil baik. Sementara data BPS menyebut konsumsi pakaian melonjak tajam pada kuartal berlangsungnya Ramadhan.

Senada dengan temuan tersebut, Tokopedia juga menemukan hal tersebut. Menurut Category Development Senior Lead Tokopedia Aldhy Darmayo, fesyen (termasuk fesyen Muslim) menjadi salah satu kategori produk yang paling banyak dicari dan memiliki jumlah transaksi tertinggi selama Ramadhan 2022.

"Fesyen, termasuk Fesyen Muslim, menjadi salah satu kategori yang paling banyak diburu masyarakat selama awal Ramadan 2023. Tren ini sama seperti tahun lalu," tutur Aldhy dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (3/4/2023).

Melihat kondisi tersebut, Tokopedia pun berusaha mengakomodasi peningkatan konsumen. Karenanya, Tokopedia berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis termasuk pelaku usaha lokal fesyen Muslim menghadirkan kampanye Ramadan in Style hingga 18 April 2023.

Melalui Tokopedia Ramadan in Style, masyarakat bisa mendapatkan berbagai pilihan produk baju muslim lokal dengan lebih efisien. Sebab, ada diskon hingga 99 persen, flash sale mulai Rp 1.000, dan cashback sampai Rp 300.000.

Tidak hanya itu, Tokopedia Ramadan in Style juga bekerja sama dengan Rumah Zakat untuk mengajak masyarakat berdonasi paket makanan bagi duafa, anak yatim dan piatu. Kampanye ini menjadi panggung bagi pelaku usaha lokal fesyen muslim untuk memaksimalkan penjualan di Ramadhan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Deretan Brand yang Hadir di Kampanye Ramadan in Style Tokopedia

Salah satu pelaku usaha lokal yang bergabung kampanye ini adalah Fatih Indonesia. Brand lokal yang didirikan oleh Fahmi Hendrawan pada tahun 2015 ini menawarkan berbagai baju muslim laki-laki dengan unsur batik khas Indonesia.

“Nama Fatih Indonesia diambil dari surat Al-Fatihah yang berarti pembuka. Saya berharap bisnis ini bisa menjadi pembuka rezeki saya dan karyawan sekaligus pembuka identitas Indonesia di kancah fashion global,” ujar Fahmi.

Bergabung di Tokopedia sejak 2021, penjualan Fatih disebut hampir 40 persen berasal dari platform tersebut. Fahmi yang di masa lampau pernah magang menjadi tukang jahit, saat ini berhasil memberdayakan sekitar 30 karyawan–termasuk penjahit batik artisan di Garut, Tasikmalaya, Solo dan Bengkulu–lewat bisnis yang ia bangun. 

Pada Tokopedia Ramadan in Style 2023, Fatih Indonesia akan menghadirkan koleksi eksklusif bertajuk ‘Harmonia’ dengan warna bumi (earth tone) dan mengambil motif batik dari Tasikmalaya. Koleksi Harmonia dari Fatih Indonesia akan diluncurkan pada 3 April 2023 hanya melalui Tokopedia. 

 

3 dari 4 halaman

Brand Baju Muslim ZM Zaskia Mecca

Selain itu, brand muslim lain bergabung dalam kampenye ini adalah ZM Zaskia Mecca. Brand ini kini telah memberdayakan lebih dari 2.000 pekerja  di Jakarta, Tangerang, Bogor, Bandung, Pekalongan dan Jepara.

“Kami memilih bekerja sama dengan penjahit lokal karena lebih mengerti tentang kekayaan Indonesia sekaligus ingin mendukung perekonomian daerah tersebut,” tutur CEO dan Founder ZM Zaskia Mecca, Muhammad Haykal Kamil.

Menurut Haykal, ZM Zaskia Mecca yang bergabung sejak 2017 di Tokopedia sangat terbantu dengan kampanye dan fitur dari platform marketplace ini. Sebab, eskposur dan penjualan makin meningkat, bahkan bisa mendapatkan ribuan pesanan dan omzet miliaran saat Ramadhan.

“Pada Tokopedia Ramadan in Style 2023, ZM Zaskia Mecca akan meluncurkan koleksi ‘Romansa Khatulistiwa’ edisi Melati. Warna putih bunga melati menggambarkan kesucian yang selaras dengan Ramadhan. Koleksi ini akan tersedia secara eksklusif di Tokopedia mulai 3 April 2023, dan terdiri dari blus, dress, tunik dan scarf,” tutur Haykal.

4 dari 4 halaman

Koleksi dari Ria Miranda

Selain dua brand di atas, ada pula Ria Miranda sebagai brand fesyen muslim yang berdiri sejak 2009. Brand ini terinspirasi dari cara berpakaian ibu sang pemilik yang feminin, elegan dan menyukai warna pastel.

“Selain itu, Ria juga terinspirasi dari budaya Minang seperti songket, rempah masakan Padang serta ukiran rumah gadang,” ucap Chief Commercial Office Ria Miranda, Yaya Wulandari.

Yaya menuturkan, sejak bergabung dengan Tokopedia pada 2018, bisnis Ria Miranda makin maju dan dikenal lebih banyak orang. Bahkan, di awal 2023, penjualan Ria Miranda di Tokopedia naik sekitar 127 persen, dibandingkan periode yang sama di tahun 2022. 

Pada Tokopedia Ramadan in Style 2023, Ria Miranda meluncurkan koleksi eksklusif ‘Sangsata’ yang menghadirkan motif songket berbalut ornamen bunga yang modern. Koleksi eksklusif Sangsata dari Ria Miranda ini terdiri dari dress, tunik, mukena, atasan, scarf dan koleksi keluarga. 

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.