Sukses

5 Aplikasi Android dan iOS untuk Bantu Anak Belajar Mengaji Selama Ramadhan 2023

Liputan6.com, Jakarta - Ramadhan adalah bulan suci bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selama bulan ini, banyak orang berpuasa, beribadah, dan meningkatkan aktivitas keagamaan mereka.

Bagi orang tua, bulan Ramadhan juga merupakan waktu yang tepat untuk membantu anak-anak mereka belajar mengaji.

Berikut ini adalah 5 aplikasi Android dan iOS yang dapat membantu anak-anak belajar mengaji selama bulan Ramadhan 2023 yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Marbel Belajar Mengaji

Aplikasi Marbel Belajar Mengaji dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang memiliki anak usia 3-8 tahun, dan ingin mengajarkan mereka mengaji Al-quran.

Lewat aplikasi belajar mengaji ini, anak-anak dapat mulai belajar mengenal huruf hijaiyah A Ba Ta dan membaca huruf hijaiyah dengan harokatnya (Fathah, Dummah, Kasroh).

Dengan Marbel Belajar Mengaji, anak-anak juga dapat belajar membaca huruf hijaiyah dengan harokat tanwin (Fathah Tanwin, Dummah Tanwin, Kasroh Tanwin).

Dilengkapi dengan narasi pendukung, anak-anak bisa belajar mengaji dengan cara yang menyenangkan, meskipun anak-anak yang belum lancar membaca.

Materi disajikan dalam bentuk menarik dilengkapi dengan Gambar + Sound Narasi + Animasi untuk menarik minat anak-anak dalam belajar mengaji selama bulan Ramadhan 2023 ini.

2. Juz Amma For Kids

Surat-surat pendek di Alquran atau yang sering disebut Juz Amma selalu dibaca saat salat. Momen Ramadan bisa jadi waktu yang tepat bagi orangtua untuk mengajari anak mengenal berbagai surat pendek di Alquran.

Orangtua yang ingin mengajari anaknya pun bisa memanfaatkan aplikasi Juz Amma For Kids besutan pengembang Annisa Cipta Informatika yang terbagi dalam 3 part untuk membantu anaknya belajar dan menghafal surat-surat pendek.

Tampilan aplikasi yang penuh warna dengan gambar latar belakang yang bisa diganti tentu dapat menambah semangat anak saat belajar menghafal surat-surat pendek.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Belajar Shalat

Ilustrasi mengaji, baca Al-Qur'an. (Photo created by rawpixel.com on www.freepik.com)

Selanjutnya adalah aplikasi Belajar Shalat. Sesuai namanya, anak-anak berumur 4 hingga 8 tahun dapat belajar tentang tata cara salat yang baik dan benar.

Selain berisi gerakan salat dan doanya, pengembang juga melengkapi aplikasi ini dengan panduan untuk memudahkan anak Anda memahami setiap gerakan salat.

Anda sebagai orang tua juga dapat menguji pemahaman anak dengan permainan tebak gerakan tata cara salat. Aplikasi ini asyik dijadikan sebagai salah satu kegiatan positif selama Ramadhan bersama buah hati.

4. Belajar Mengaji Alquran

Aplikasi Belajar Mengaji Alquran bisa dengan mudah ditemukan di toko aplikasi Google Play secara gratis. Aplikasi ini bisa dibilang cocok buat anak-anak karena tampilannya yang penuh warna dan animasi yang menyegarkan.

Aplikasi besutan Nayaka Studio ini sudah diunduh lebih dari 50 ribu kali di perangkat Android dengan review yang bisa dibilang cukup baik. Lewat aplikasi ini, anak bisa mulai mengenal huruf Hijaiyah dan tanda baca Alquran.

3 dari 3 halaman

5. Game Anak Sholeh

Ilustrasi mengaji, baca Al-Qur'an. )Photo by mostafa meraji on Unsplash)

Agate Studio membuat game edukasi Islam yang terbilang jarang beredar di Indonesia. Bernama Game Anak Sholeh, permainan edukatif ini kental dengan nilai-nilai Islam untuk buah hti.

Aplikasi ramadan untuk anak ini menyediakan konten yang banyak dan beragam, mulai dari cerita yang seru, mini games, do’a harian, tutorial salat, kisah nabi, dan ensiklopedia yang dapat membantu anak Anda mendalami pengetahuan tentang agama Islam.

Anak-anak tentu saja menyukai kegiatan Ramadan, dan untuk itu Game Anak Sholeh dirancang sedemikian rupa agar memiliki animasi dan efek suara yang membuat anak akan menikmati permainan sambil belajar.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.