Sukses

Sering Diucapkan, Simak Dahsyatnya Kalimat Laa Haula Wala Quwwata Illa Billah

Liputan6.com, Jakarta Sebagai umat muslim, memohon dan memanjatkan doa kepada Allah SWT saat dipertemukan dengan cobaan dan kesulitan tidak sudah menjadi bagian dari hidup.

Memohon pertolongan kepada Allah SWT, dianjurkan dengan doa yang tulus dan mengucap lafadz dzikir. Para ulama mengajurkan untuk mengucapkan kalimat Hauqalah atau Laa haula wala quwwata illa billah saat memohon agar mendapat pertolongan Allah SWT.

Kalimat Laa haula wala quwwata illa billah sendiri memiliki arti bahwa Tiada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah. Mengutip dari chanel Youtube ustadz Muhammad Nuzul Dzikri, terdapat makna yang dahsyat dari kalimat La haula wala quwwata illa billah.

"Kalimat Laa haula wala quwwata illa billah adalah kalimat yang harus kita ucapkan jika ingin dapat pertolongan Allah agar diberikan kekuatan dalam menjalani puasa ramadhan," Ujarnya.

Lebih lanjut, Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri juga mengungkapkan bahwa kalimat Hauqallah menjadi simbol kita menyerahkan diri dan berpasrah kepada Allah SWT.

Selain itu, dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah, Rasulullah bersabda

“Wahai Abdullah bin Qais, maukah aku tunjukkan kepadamu suatu simpanan dari berbagai simpanan surga?” Aku menjawab: “Tentu, wahai Rasulullah.” Kemudian beliau bersabda: “La haula wala quwwata illa billah.” (HR al-Bukhari).

Sementara itu, Ustadz Khalid Basalamah mengatakan, terdapat beberapa syarat yang dianjurkan dalam berdoa agar mudah dikabulkan.

"Berdoa itu layaknya kita curhat kepada Allah, tinggal kita memahami syarat agar curhat kita diterima, Ada beberapa syarat agar doa anda diterima," Ustadz Khalid Basalamah

Berikut syarat yang dianjurkan agar doa kita dapat diterima Allah SWT

Dengan Tulus dan Ikhlas

Syarat pertama agar doa dikabulkan adalah dengan memohonnya secara tulus dan ikhlas.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Berdoa

Berdoa dengan diikuti rasa takut akan azab Allah

Selain keihlasan, kita juga dianjurkan untuk berdoa dengan diikuti rasa takut akan azab Allah, karena rasa takut akan azab Allah adalah sebuah konsep keimanan.

Menggunakan Nama dan sifat Allah

Anjuran berdoa dengan menyebut nama - nama atau Asma-ul Husna. Seperti yang tertera dalam ayat Al-Qur'an berikut ini

"Hanya milik Allah Asma-ul Husna, maka bermohonlah kepada - Nya dengan menyebut Asma-ul Husna itu.." QS. Al Anfal : 180

Tidak Tergesa - Gesa

Kemudian dianjurkan untuk berdoa dengan sabar dan tidak tergesa gesa agar dapat menanti jawaban dari doa yang dipanjatkan

Menghindari Makanan dan Minuman Haram

Untuk memohon kepada Allah SWT, tentunya tubuh kita harus dalam keadaan yang suci dari makanan dan minuman haram agar doa kita dapat diterima

Tidak Minta yang Haram

Adalah larangan memohon sesuatu yang diharamkan oleh Allah SWT. Sebagimana dalam Hadits yang diriwayatkan Abu Daud

"Sesungguhnya Allah itu baik dan suci, maka tidak menerima kecuali yang sesuatu yang baik dan suci pula" HR. Bukhori.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.