Sukses

Safari Ramadan BUMN 2023, Jasa Marga Gelar Bazar UMKM dan Pasar Sembako Murah

Dalam rangka menyemarakkan bulan Ramadan 1444 H, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggelar program Safari Ramadan BUMN 2023 yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN sebagai komitmen untuk hadir di tengah masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka menyemarakkan bulan Ramadan 1444 H, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggelar program Safari Ramadan BUMN 2023 yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN sebagai komitmen untuk hadir di tengah masyarakat.

Program Safari Ramadan BUMN 2023 yang diselenggarakan Jasa Marga pada Jumat (31/03) di Kalijodo, Jakarta Barat, masuk ke dalam program tahap 2 wilayah Jabodetabek.

Dalam acara tersebut, Jasa Marga menggelar Bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Pasar 1.000 Paket Sembako Murah hingga pendaftaran Mudik Gratis yang disambut baik oleh masyarakat sekitar.

Acara ini turut dihadiri oleh Tim Staf Khusus III Menteri BUMN, Intan Permanasari, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana serta Pelaksana Tugas (Plt) Kecamatan Tambora, Agus Sulaiman beserta jajaran.

Dalam sambutannya, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, mengatakan partisipasi Jasa Marga dalam Safari Ramadan BUMN 2023 merupakan bentuk komitmen terhadap kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) salah satunya dengan menyediakan paket sembako yang dijual dengan harga yang terjangkau dan memberdayakan UMKM mitra binaan Jasa Marga yang turut berpartisipasi dalam Bazar UMKM.

"Safari Ramadan BUMN 2023 ini merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan Alhamdulillah di tahun ini kami dapat berpartisipasi di kawasan Kalijodo yang lokasinya berada di pinggir Jalan Tol Dalam Kota Jakarta. Kami berharap kegiatan ini menjadi sarana berbagi dengan warga sekitar yang kesehariannya juga bersinggungan dengan aktivitas kami," ujar Lisye dikutip, Sabtu (1/4/2023).

Lebih lanjut Lisye menyampaikan, partisipasi Jasa Marga tidak hanya untuk berbagi dengan masyarakat sekitar, namun juga untuk mendukung penyediaan tempat promosi serta pengembangan UMKM khususnya yang menjadi mitra binaan Jasa Marga.

Dalam Safari Ramadan BUMN 2023 ini sebanyak 10 UMKM mitra binaan Jasa Marga turut serta untuk mempromosikan beragam produk makanan dan minuman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Safari Ramadan BUMN 2023

Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Kecamatan Tambora, Agus Sulaiman mengucapkan terima kasih kepada Kementerian BUMN dan Jasa Marga yang telah mengadakan program Safari Ramadan BUMN 2023. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat, khususnya untuk warga di sekitar Kalijodo.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kepedulian Kementerian BUMN dan Jasa Marga yang telah membantu meringankan beban warga sekitar dengan menyediakan bazar dan pasar sembako murah. Kami berharap seluruh perusahaan BUMN semakin maju, sukses, dan terus berkiprah untuk bangsa dan negara," ucap Agus.

Melalui partisipasinya dalam Safari Ramadan BUMN 2023 ini Jasa Marga menunjukkan komitmen terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, lingkungan.

Safari Ramadan BUMN 2023 di Jabodetabek ini akan dilaksanakan di 14 Kota/Kabupaten dengan 27 titik pelaksanaan yang terbagi dalam empat tahap penyelenggaraan. Selain Safari Ramadan BUMN 2023, Kementerian BUMN juga akan menggelar mudik bersama bertajuk Mudik Dinanti Mudik di Hati bersama BUMN 2023 yang akan diselenggarakan secara serentak pada 18 April 2023 mendatang.

3 dari 4 halaman

1.000 Kuota Mudik Gratis Lebaran 2023 Disiapkan Pemkot Cilegon, Catat Tanggal dan Syarat Daftarnya

Sebanyak 1.000 kursi untuk mudik gratis ke Pulau Jawa dan Sumatera disiapkan Pemkot Cilegon. Setiap bus akan di isi 50 peserta pulang kampung gratis. Mudik gratis digelar pemerintah untuk menekan kecelakaan, terutama sepeda motor. Serta mengurangi kemacetan di seluruh jalur mudik.

"(Peserta mudik gratis) minimal 1.000 orang, kalau 1 bus diperkirakan 50 orang," ujar Walikota Cilegon, Helldy Agustian, dikutip Sabtu (1/4/2023).

Peserta mudik gratis harus memiliki KTP Kota Cilegon dan mendaftar pada 11 April dengan pemberangkatan pada 19 April 2023. Lokasi pendaftaran di kantor Pemkot Cilegon dan Radio Mandiri FM Cilegon.

"Intinya adalah kami persembahkan kepada seluruh perusahaan yang ada di Kota Cilegon, untuk dapat berbagi dengan masyarakat Kota Cilegon," tuturnya.

Program mudik gratis saat Idul Fitri 2022 lalu, Pemkot Cilegon juga menyiapkan 475 tempat duduk, dengan tujuan Pulau Jawa saja.

Pulang kampung gratis Lebaran 2023 ini, Pemkot Cilegon akan bekerjasama dengan sejumlah perusahaan yang ada di Kota Baja. Pemerintah berharap besar partisipasi pelaku industri bisa mensukseskan program tersebut, demi mengurangi kemacetan serta kecelakaan lalu lintas di jalur mudik.

"Kita optimis tercapai, kan maksimal 30 bus minimal 20 unit bus. Kita akan segera bersurat kepada pihak-pihak industri, mudah-mudahan ada respon yang baik," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon, Joko Purwanto.

 

Reporter: Yandhi Deslatama

4 dari 4 halaman

Ada 10 Ribu Kuota Mudik Gratis dari PLN, Cek Syarat dan Cara Daftarnya

menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, PT PLN (Persero) bersama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar kegiatan Mudik Gratis. Mengambil tajuk 'Mudik Dinanti, Mudik di Hati Bersama BUMN 2023', PLN mengajak segenap pelanggan yang berminat untuk segera mendaftar.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan untuk mudik gratis kali ini PLN menyediakan 10.000 kuota peserta. Jumlah tersebut diharapkan mampu membantu pelanggan PLN di sekitar Jabodetabek dan beberapa kota besar yang ingin melakukan mudik.

"Mudik gratis merupakan agenda tahunan perseroan. Ini merupakan wujud kepedulian kami untuk pelanggan PLN yang ingin mudik dan berkumpul dengan keluarga merayakan hari raya bersama," ungkap Darmawan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (29/3/2023).

Darmawan mejelaskan, agenda kolaborasi dengan Kementerian BUMN tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat mudik dengan aman, nyaman dan lebih ramah lingkungan. Mudik bersama ini akan mengalihkan pengguna kendaraan pribadi khususnya sepeda motor ke kendaraan umum yang memenuhi standar keselamatan. Selain itu, dengan berkurangnya penggunaan kendaraan pribadi juga akan mengurangi emisi.

"Sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir, program mudik gratis ini bertujuan untuk menyediakan moda transportasi umum yang aman. Sehingga risiko kemacetan dan kecelakaan saat mudik bisa berkurang," tambah Darmawan.

Pendaftaran Mudik Gratis Bersama PLN 2023 bisa dilakukan hanya melalui aplikasi PLN Mobile. Pendaftaran dibuka untuk dua tahap, tahap I dari tanggal 29-31 Maret 2023 dan tahap II dari tanggal 5-7 April 2023.

Tidak hanya dari Jabodetabek, keberangkatan mudik bersama juga dilakukan dari Bandung, Surabaya dan Bali. Khusus untuk dari Jabodetabek, tanggal keberangkatannya adalah 18 April 2023, dengan tujuan kota-kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bandar Lampung dan Palembang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.