Sukses

Bekal Bermanfaat dari Bridgestone Buat yang Mudik Lebaran Pakai Kendaraan Pribadi

Liputan6.com, Jakarta - Bagi masyarakat yang memilih mudik Lebaran di kampung halaman menggunakan kendaraan pribadi, PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone) memiliki sejumlah tips yang bisa diterapkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Keselamatan pengendara dan penumpang menjadi prioritas dan kunci perjalanan mudik. Untuk itu,kami senantiasa mengingatkan para pelanggan kami untuk melakukan persiapan jelang mudik dengan seksama melalui tips-tips praktis keselamatan berkendara," jelas President Director Bridgestone Indonesia, Mukiat Sutikno dalam keterangan resmi, Rabu (29/3/2023).

Berikut tips yang bisa dilakukan sebelum berangkat mudik lebaran ke kampung halaman dengan aman dan nyaman:

1. Pastikan mobil dan ban dalam kondisi prima

Jadwalkan dan periksa kondisi kendaraan dua hingga satu minggu sebelum jadwal mudik untuk memastikan kondisi mobil seperti ban, air radiator, air aki, minyak rem, oli, hingga air pembersih kaca dalam kondisi yang baik.

Khusus untuk ban mobil, memastikan ban Anda dalam kondisi prima berperan sangat penting dikarenakan empat fungsi penting ban pada mobil Anda, yakni menopang beban kendaraan, menyerap guncangan jalan, meneruskan traksi dan gaya pengereman serta merubah dan mengarahkan laju kendaraan. Karena itu, perannya vital, dan penting untuk diganti jika sudah menunjukkan sejumlah tanda.

Fisa Rizqiano, Deputy Head Of OE Sales PT Bridgestone Tire Indonesia mengatakan, ban memiliki tread wear indicator (TWI) yang merupakan tanda keausan sebuah ban.

Jadi sebaiknya cek ketebalan tapak ban, cek enam posisi di shoulder dan wear bar, atau bentuk segitiga di sisi ban dan juga bilah-bilah pada tapak ban.

"Bentuk segitiga-segitiga kecil di sisi ban berfungsi untuk menunjukkan bahwa jika bagian tersebut sudah rata dengan dinding ban, maka ban sudah mencapai masa keausannya. Untuk wear bar bilah-bilah pada tapak, ban sudah harus diganti jika bagian itu sudah tidak lagi sejajar satu sama lain," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Lainnya

2. Cek kelengkapan surat-surat atau dokumen pribadi dan kendaraan

Pastikan Anda mengecek tanggal berlaku dari SIM (surat ijin mengemudi), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) khususnya masa belaku pajak, dan juga masa berlaku asuransi kendaraan.

Dua minggu hingga satu minggu sebelum perjalanan mudik, merupakan waktu yang tepat untuk mengurus dokumen yang hampir melewati masa berlaku tersebut.

3. Siapkan keuangan untuk kebutuhan perjalanan mudik

Pastikan persiapkan keuangan untuk pengisian bahan bahan bakar minyak (bbm) dan saldo kartu elektronik tol terisi sesuai rute perjalanan yang akan ditempuh.

4. Mengisi penuh tangki BBM kendaraan

Sebelum memulai perjalanan menjadi prioritas utama untuk meminimalisir kekurangan BBM saat menghadapi rute yang macet.

Sedangkan untuk kartu elektronik tol, perlu memperhatikan saldo di kartu uang elektronik jangan sampai pas-pasan agar perjalanannya lancar dan nyaman tanpa hambatan.

Jika Anda memiliki smartphone dengan fitur NFC (near field communication) serta aplikasi mobile banking atau marketplace tertentu, Anda juga dapat melakukan pengisian saldo kartu uang elektronik melalui smartphone Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini