Sukses

Daftar Negara dengan Puasa Ramadhan Terlama dan Tersingkat Tahun 2023, Indonesia Masuk ke Mana?

Liputan6.com, Jakarta - Per tanggal 23 Maret 2023, umat muslim resmi memasuki bulan suci Ramadhan

Seluruh umat muslim dari berbagai penjuru dunia melaksanakan ibadah puasa yang merupakan ibadah utama di bulan Ramadhan.

Rata-rata durasi waktu berpuasa Ramadhan yaitu sekitar 10 sampai 18 jam, ini tergantung dari lokasi geografis negara tersebut. Di Indonesia sendiri, waktu berpuasa yaitu sekitar 10 sampai 13 jam, termasuk dalam kategori puasa tersingkat di dunia.

Mengutip dari Al Arabiya English, Sabtu (25/3/2023), perbedaan lamanya berpuasa ini utamanya disebabkan oleh bervariasinya waktu siang dan malam di berbagai tempat atau negara.

Perbedaan panjang siang dan malam disebabkan oleh kemiringan Bumi dan posisi matahari.

Di negara-negara yang terletak lebih dekat dengan garis khatulistiwa, waktu berpuasa cenderung lebih pendek.

Sebaliknya, negara-negara yang letaknya lebih jauh, terutama di garis lintang utara dan selatan, mengalami periode puasa yang lebih lama. 

Tergantung pada waktu dalam setahun, periode puasa Ramadhan bisa melebihi 20 jam.

Di beberapa daerah, termasuk Greenland yang menduduki daftar puasa terlama, matahari justru tidak pernah terbenam, padahal terbenamnya matahari sangat penting untuk menentukan waktu berbuka.

Oleh karena itu, ulama merekomendasikan, bagi umat muslim yang berada di daerah dengan situasi tersebut, untuk mengikuti puasa jam Mekkah di Arab Saudi.

Sudah sejak lama sistem tersebut disetujui karena Arab Saudi dipercayai sebagai rumah bagi Ka'bah, situs paling suci bagi umat Islam.

Di Arab Saudi, UEA, dan Qatar, umat Islam akan berpuasa hingga 14 jam setiap harinya selama bulan suci Ramadhan.

Berikut daftar negara dengan waktu puasa terlama dan tersingkat di tahun 2023:

2 dari 4 halaman

Puasa Terlama Tahun 2023

Puasa terlama tahun ini yaitu berdurasi selama 18 jam. Umat muslim di Greenland dan Islandia akan menjalani puasa terlama di bulan Ramadhan ini.

  1. Nuuk, Greenland: 18 jam
  2. Reykjavik, Islandia: 18 jam
  3. Helsinki, Finlandia: 17 jam
  4. Glasgow, Skotlandia: 17 jam
  5. Ottawa, Kanada: 17 jam
  6. London, Inggris: 16-17 jam
  7. Paris, Prancis: 16-17 jam
  8. Zurich, Swiss: 15 jam
  9. Roma, Italia: 15 jam
  10. Madrid, Spanyol: 15 jam

 

3 dari 4 halaman

Puasa Tersingkat Tahun 2023

Negara dengan durasi berpuasa tersingkat jatuh kepada Selandia Baru dengan 12 jam waktu berpuasa. Enam jam lebih cepat dibandingkan dengan Greenland dan Islandia.

  1. Christchurch, Selandia Baru : 12 jam
  2. Puerto Montt, Chili: 12 jam
  3. Buenos Aires, Argentina: 12 jam
  4. Jakarta, Indonesia: 13 jam
  5. Nairobi, Kenya: 13 jam
  6. Karachi, Pakistan: 13-14 jam
  7. New Delhi, India: 13-14 jam

Di Indonesia sendiri, waktu berpuasa yaitu sekitar 10 sampai 13 jam, dengan kata lain termasuk dalam kategori puasa tersingkat di dunia.

4 dari 4 halaman

Tips Makan Sehat Selama Puasa Ramadhan dari Ahli

Untuk dapat dengan lancar menjalankan ibadah puasa dengan durasi berapa pun, diperlukan asupan nutrisi yang cukup saat sahur dan berbuka.

Ramadhan menjadi bulan yang paling dinanti umat Muslim di seluruh dunia. Meski mungkin akan terjadi selisih hari dalam penetapan 1 Ramadhan 1444 H, namun dalam hitungan hari, umat Muslim akan menjalani ibadah puasa Ramadhan selama sebulan penuh.

Sejumlah hal perlu dipersiapkan jelang bulan suci Ramadhan. Salah satunya adalah mempersiapkan diri baik fisik maupun psikis agar dapat beribadah dengan optimal.

Para ahli di Timur Tengah, khususnya di Arab Saudi dan Uni Emirat Arab merekomendasikan makanan sehat dengan gizi seimbang untuk berbuka puasa dan sahur. Tujuannya agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan kita dapat menerapkan target ibadah puasa yang realistis selama bulan suci Ramadhan.

Berikut sejumlah hal yang perlu dilakukan saat menjalankan puasa Ramadhan.

Jangan Lewatkan Makan saat Berbuka Puasa

Setelah berpuasa belasan jam, penting untuk segera berbuka puasa secara benar dan memastikan tubuh mendapat nutrisi yang diperlukan.

Baca selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.