Sukses

Hindari Makanan Ini agar Tubuh Tetap Sehat Saat Puasa Ramadhan

Olahraga juga masih bisa kamu lakukan sesuai dengan kondisi tubuh kamu sehingga tetap sehat saat puasa Ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk kamu melatih tubuh agar mengkonsumsi makanan dan minuman yang sesuai dengan kebutuhan.

Kamu tetap bisa makan tiga kali sehari sehingga pencernaan tetap terbiasa. Jangan lupa pula untuk memberi jeda pada tubuh saat berbuka puasa dengan melakukan Sholat Maghrib terlebih dahulu sebelum lanjut dengan makan malam lengkap.

Ada beberapa hal yang bisa membuat kamu tetap sehat saat puasa. Seperti hindari makan dan yang dianjurkan untuk dikonsumsi ketika sedang menjalani puasa.

Hendaklah memperhatikan agar kamu tidak terlambat dan tetap melakukan sahur dengan rutin. Olahraga juga masih bisa kamu lakukan di bulan Ramadhan sesuai dengan kondisi tubuh kamu.

Ada beberapa makanan yang dihindari dan ditambah ketika kamu menjalankan ibadah puasa.

Jauhi Gorengan

Berpuasa atau tidak, terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak akan menyebabkan timbunan lemak dalam tubuh.

Kurangi Gula

Kebanyakan menkonsumsi gula dan yang serba manis justru akan menyebabkan rasa lapar yang terlalu cepat.

Hindari Bibir Kering

Janganlah membiasakan menjilat bibir dengan ludah karena justru membuat bibir kamu bertambah kering. Tapi gunakanlah lip balm atau pelembab khusus bibir yang bisa membantu bibir kamu tetap lembab.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbanyak Air Putih

Baik saat sebelum imsak, saat berbuka puasa, dan saat setelah sholat isya hendaknya kamu meminum air di waktu-waktu tersebut untuk terhindar dari dehidrasi. Tetap dengan miimal 8 gelas perhari , ya.

Buah dan Sayur

Menkonsumsi buah dan sayur saat berbuka sangat dianjurkan karena buah memiliki kandungan gula alami yang baik untuk tubuh. Sedang sayur diperlukan untuk menjaga asupan serat.

Tidur Cukup

Berpuasa terkadang menyebabkan tubuh merasa lebih cepat Lelah. Maka pastikan kamu tidur dengan pola yang sama alias tidak berlebihan, tapi cukup.

Bekal Berbuka

Untuk kamu yang akan berbuka puasa dalam perjalanan, siapkanlah bekal untuk berbuka seperti kurma, air putih dan snack sehat lainnya.

Kurangi Garam dan Pedas

Segala sesuatu yang berlebihan sudah sipastikan tidak baik. Momen puasa bisa menjadi masa yang tepat untuk kamu mulai melatih kebiasaan makan sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.