Sukses

Arti Mimpi Kiamat dalam Perspektif Islam hingga Primbon: Pertanda Buruk?

Makna bermimpi tentang kiamat dari beragam perspektif.

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum tidur tentunya kita senantiasa berdoa agar dijauhkan dari segala mimpi buruk. Namun bagaimana jika suatu hari kamu bermimpi mengenai kiamat?

Kiamat sebagaimana yang digambarkan merupakan suatu peristiwa menyeramkan dan mimpi buruk yang tidak diharapkan oleh siapapun. 

Arti mimpi kiamat sering dikaitkan dengan kehidupan nyata sehari-hari. Pada dasarnya, mimpi merupakan sebuah gambaran alam bawah sadar manusia atau kejadian di saat seseorang tidur.

Mimpi dapat mengandung banyak makna dan penakwilan. Ada mimpi yang benar laksana fajar yang merekah. Tak jarang juga mimpi yang dusta, dan ada pula mimpi yang hanya merupakan bunga tidur dan khayalan. 

Lalu, bagaimana dengan arti mimpi kiamat, apakah pertanda buruk? Berikut merangkum dari Fimela.com arti mimpi kiamat dari beragam perspektif.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Mimpi Kiamat Menurut Perspektif Islam

Menurut Ibnu Sirin, jika seorang pria bermimpi sedang melihat kiamat, maka hal tersebut menjadi pertanda bahwa ia akan memenangkan suatu persaingan,  atau kompetisi yang sedang diikutinya.

Selain itu, mimpi kiamat juga bisa dimaknai sebagai bentuk kesadaran diri agar menjadi pribadi yang lebih bijaksana. Hal ini juga berkaitan dengan seorang yang sangat menghargai suatu kebersamaan dengan pasangan dan keluarga.

Sedangkan, apabila bermimpi melihat kiamat yang besar, maka menandakan suatu kesadaran untuk beribadah atau pertanda baik yang datang dari Tuhan. Tidak semua orang mengalami mimpi yang seperti ini.

Dalam tafsir Ibnu Sirin, apabila seseorang bermimpi menyaksikan di depan mata kehancuran dunia maka menandakan seseorang itu akan segera melakukan suatu perjalanan. Bermimpi tentang hal ini juga merupakan sebuah peringatan bagi seorang pendosa.

3 dari 4 halaman

Arti Mimpi Kiamat Menurut Psikolog

Menurut psikolog, jika bermimpi mengenai kiamat, maka menjadi pertanda seseorang tengah cemas dan sangat mengkhawatirkan masa depan. Hal ini juga dapat menandakan keputusasaan yang dialami terhadap kehidupannya.

Bermimpi melihat suatu bencana yang besar juga menandakan sebuah kepasrahan tentang apa yang terjadi di dalam kehidupan. Apabila mimpi berlari menghindarinya, maka tandanya seseorang memiliki ketakutan yang luar biasa dalam menghadapi masalah kehidupan. 

Bermimpi tentang berakhirnya dunia merupakan bentuk berakhirnya sesuatu yang ada disekitar kalian. Hal ini juga merupakan pantulan dari alam bawah sadar yang merasa kehilangan dari seseorang, atau akan mendapatkan sikap yang menyakitkan dari seseorang.

Bermimpi tentang kiamat merupakan arti dari berbagai budaya yang disimbolkan sebagai tahap untuk memasuki kehidupan lain. Hal ini juga merupakan suatu simbol penghakiman. 

4 dari 4 halaman

Arti Mimpi Kiamat Menurut Primbon

Menurut primbon, dipercaya apabila bermimpi tentang kiamat, maka suatu kebaikan akan datang dalam hidup. Terkesan kontradiktif, namun bermimpi kiamat justru menyimpan makna sebuah kesempatan telah menghampiri. 

Apabila seorang yang sakit bermimpi melihat kehancuran dunia atau kiamat maka menandakan bahwa ia akan segera sembuh dari penyakit yang dialaminya. Apabila ia bermimpi melihat kiamat yang telah selesai dan kembali normal, maka menandakan akan datangnya penyakit dalam waktu yang sementara.

Apabila seorang pekerja yang bekerja di suatu perusahaan bermimpi tentang kehancuran dunia atau kiamat ini maka menandakan akan mendapatkan kesenangan dan kebahagiaan dari pekerjaan yang ia lakukan.

Ternyata bermimpi tentang kiamat tidak selamanya menyeramkan, ada arti tersembunyi yang bisa saja membawa dampak baik untuk diri. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.