Sukses

Profil Pemain Muslim Ibrahima Konate, Bek Tangguh dan Gesit Andalan Prancis

Juara bertahan Prancis mengandaskan perlawanan Maroko di semifinal Piala Dunia 2022. Les Blues dipastikan menggenggam tiket final untuk menantang Argentina. Pemain muslim bek andalan Prancis, Ibrahima Konate, mencuri perhatian

Liputan6.com, Jakarta - Juara bertahan Prancis mengandaskan perlawanan Maroko di semifinal Piala Dunia 2022. Les Blues dipastikan menggenggam tiket final untuk menantang Argentina yang sebelumnya telah memastikan lolos usai mengalahkan Kroasia.

Prancis sukses mengalahkan Maroko 2-0 dalam partai semifinal di Al Bayt Stadium, Qatar, Kamis (15/12/2022) dini hari WIB.

Dua gol kemenangan Prancis atas Maroko masing-masing diciptakan oleh Theo Hernandez di awal babak pertama dan Randal Kolo Muani di pertengahan babak kedua.

Berkat hasil ini, Prancis pun berhak melenggang ke partai final untuk menghadapi Argentina. Sementara itu, Maroko akan berlaga di partai perebutan tempat ketiga melawan Kroasia.

Sejumlah nama pemain mencuat dalam babak semifinal Prancis vs Maroko ini. Dari kubu Prancis, tentu saja dua pencetak gol, Theo Hernandes dan Randal Kolo Muani.

Kylian Mbappe juga makin mengokohkan diri sebagai juru gedor yang sulit dijinakkan. Dia menjadi top skor Piala Dunia 2022 sementara, bersanding denga Lionel Messi, Argentina.

Di sisi lain, Prancis dipaksa untuk mengerahkan kemampuan terbaiknya dalam laga ini. Maroko bermain solid dan kuat sejak tiupan peluit awal.

Benteng pertahanan Prancis dipaksa bekerja keras oleh serangan-serangan Maroko. Di lini belakang, ada satu nama yang mencuri perhatian. Dia adalah Ibrahima Konate, pemain muslim, bek muda nan tangguh.

Postur Ibrahima Konate yang tinggi dan kokoh tak membuatnya kehilangan kecepatan. Bahkan Konate termasuk salah satu 10 besar pemain dengan tercepat di Piala Dunia 2022 ini, bersanding dengan Facundo Pellistri (Uruguay), Jerome Ngom (Kamerun), Theo Hernandez (Prancis), Kim Moon-hwan (Korea Selatan). Kecepatan maksimal mencapai 34,8 km/jam (21,62 mph).

Di luar itu, kemampuan teknis bek muda yang kini bermain untuk Liverpool ini juga patut diacungi jempol. Tampaknya, selama beberapa tahun ke depan, Prancis dan Liverpool tak perlu risau dengan tembok pertahanannya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Profil Ibrahima Konate

Mengutip Bola.net, Ibrahima Konate lahir pada 25 Mei 1999. Ia merupakan pemain sepak bola profesional berkebangsaan Prancis yang bermain sebagai bek tengah untuk klub Liverpool.

Konate dibesarkan di arondisemen ke-11 Paris dan bermain sebagai remaja untuk tim muda Paris FC. Ketika dia berusia 14 tahun, dia pergi ke Sochaux dan bergabung dengan akademi asrama mereka pada usia 15 tahun. Dia memulai karirnya sebagai striker sebelum pindah ke posisi bek.

KARIER KLUB

Sochaux (2017)

Konate melakukan debut profesionalnya untuk Sochaux dalam kekalahan 1-0 di liga Ligue 2 dari klub Auxerre pada 7 Februari 2017, saat dirinya baru berusia 17 tahun.

RB Leipzig (2017 – 2021)

Setelah musim debut yang sukses, dengan 12 pertandingan dan 1 gol dalam setengah musim, Konaté bergabung dengan RB Leipzig di Bundesliga pada 12 Juni 2017 dengan kontrak lima tahun dengan status bebas transfer. Konaté mencetak gol pertamanya di Leipzig dalam kemenangan 4-0 melawan klub Fortuna Düsseldorf.

Liverpool (2021 – Sekarang)

Pada 28 Mei 2021, Liverpool mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan RB Leipzig untuk merekrut Konate pada 1 Juli, selagi menunggu izin internasional dan izin kerja diberikan. Klub telah menyetujui persyaratan pribadi dengan pemain pada bulan April, dan membayar klausul pelepasannya sekitar £36 juta pada Mei 2021.

Pada tanggal 18 September, Konate melakukan debutnya di Liga Premier, dimulai bersama Virgil Van Dijk, dan mencatatkan clean sheet dalam kemenangan 3-0 melawan Crystal Palace

KARIER INTERNASIONAL

  • France U16 (2014 – 2015)
  • France U17 (2015 – 2016)
  • France U19 (2017)
  • France U20 (2018)
  • France U21 (2019 – 2021)

 

3 dari 3 halaman

Gaya Bermain Konate

Ibrahima Konate dapat dikatakan setara dengan Virgil van Dijk atas permainan posisinya, tekel, kecepatan dan kekuatannya dalam menjaga bola.

PENGHARGAAN

RB Leipzig

DFB-Pokal runner-up: 2018 – 2019, 2020 – 2021.

Ditulis oleh: Luke Oswald

Diterbitkan pada: 10 Februari 2022

--

 

Line up Prancis vs Maroko babak semifinal Piala Dunia 2022:

Prancis: Hugo Lloris; Jules Kounde, Raphael Varane, Ibrahima Konate, Theo Hernandez; Aurelien Tchouameni, Youssouf Fofana; Ousmane Dembele (Randal Kolo Muani 79'), Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud (Marcus Thuram 65').

Maroko: Yassine Bounou; Achraf Hakimi, Jawad El Yamiq, Achraf Dari, Romain Saiss (Selim Amallah 21' (Abdessamad Ezzalzouli 78')), Noussair Mazraoui (Yahya Attiyat Allah 46'); Hakim Ziyech, Azzedine Ounahi, Sofyan Amrabat, Sofiane Boufal (Zakaria Aboukhlal 66'); Youssef En-Nesyri (Abderazak Hamdallah 78').

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.