Sukses

Willow Wilson, Wanita Mualaf di Balik Superhero Muslim Pertama Ms. Marvel

Gwendolyn Willow Wilson adalah seorang mualaf yang dikenal sebagai penulis sekaligus illustrator kelahiran Monmouth County, New Jersey, Amerika Serikat pada 31 Agustus 1982. Nama Willow Wilson semakin terkenal setelah muncul series Ms. Marvel, superhero muslim pertama bernama Kamala Khan.

Liputan6.com, Jakarta - Gwendolyn Willow Wilson adalah seorang mualaf yang dikenal sebagai penulis sekaligus ilustrator kelahiran Monmouth County, New Jersey, Amerika Serikat pada 31 Agustus 1982. Nama Willow Wilson semakin terkenal setelah muncul series Ms. Marvel, superhero muslim pertama bernama Kamala Khan.

Novel grafis pertama Willow Wilson berjudul Cairo. Novel ini diterbitkan oleh Vertigo pada tahun 2007 dan menjadi novel grafis terbaik versi Publisher Weekly. Tidak berhenti di situ, setahun kemudian ia meluncurkan seri komik pertama berjudul Air. Seri komik ini diluncurkan Vertigo pada tahun yang sama. 

Pada tahun 2013, Wilson merilis novel berjudul Alif the Unseen. Pada tahun 2013 juga, novel ini memenangkan penghargaan novel fantasi terbaik. 

Penghargaan lain juga pernah diraih oleh Wilson, di antaranya Broken Frontier Awards (2014), Hugo Awards (2015), hingga Dwayne Penghargaan McDuffie untuk Keanekaragaman (2016).

Masuk Islam

Awalnya Wilson adalah seorang Ateis. Namun saat berkuliah di Universitas Boston pada awal 2000-an, ia mulai mempelajari sejumlah agama, seperti Budha, Yahudi, Kristen, dan Islam

Rupanya ia lebih tertarik untuk mendalami agama Islam. Menurutnya, menjadi seorang muslim adalah semacam kesepakatan antara Anda dan Tuhan. Ketertarikannya dengan Islam membuat dia menjadi seorang mualaf

Saat di Kairo, Mesir untuk mengajar bahasa Inggris, Wilson diam-diam mempraktikkan Islam. Akan tetapi, setelah bertunangan dengan seorang guru Fisika bernama Omar ia mulai melaksanakan ibadah Islam secara lebih terbuka.

Setelah menikah, Wilson kembali ke Amerika Serikat bersama suaminya. Di negeri kelahirannya ia melanjutkan karier sebagai seorang penulis, sementara suaminya menjadi advokat hukum bagi para pengungsi.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Melahirkan Ms. Marvel

Suatu ketika, Wilson menerima email untuk wawancara dengan Wakil Presiden Senior di Marvel Entertainment, David Gabriel. Ia ditawari membuat tokoh superhero muslim.

Awalnya ia sempat galau. Sebab agama sangat sensitif untuk dibawa dalam panggung cerita. Namun akhirnya ia menerima tawaran tersebut. Baginya ini adalah tantangan besar untuk membuat superhero muslim Amerika.

Buah kolaborasi bersama direktur dan editor di Marvel Entertainment, Sana Amanat, lahirlah superhero muslim pertama bernama Kamala Khan. Superhero perempuan berdarah Amerika-Pakistan ini kemudian dikenal sebagai Ms. Marvel.

Kamala Khan diharapkan menjadi warna baru bagi dunia Marvel. Ceritanya dapat dinikmati bukan hanya oleh orang orang-orang anti-muslim, tapi juga muslim sendiri. 

3 dari 3 halaman

Termasuk 500 Muslim Paling Berpengaruh Dunia 2023

Baru-baru ini Lembaga penelitian independen yang berada di bawah naungan Royal Aal al-Bayt Institute for Islamic Thought, The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC) telah merilis 500 tokoh muslim paling berpengaruh di dunia tahun 2023. 

Willow Wilson menjadi salah satu tokoh muslim yang masuk daftar tersebut. Mengutip Themuslim500.com, Wilson memiliki pengaruh di bidang seni dan budaya.

The Royal Islamic Strategic Studies Centre menilai Wilson sebagai penulis dan seniman, terkenal karena karya-karyanya seperti Alif the Unseen yang memenangkan World Fantasy Award pada 2013. 

Dia juga dikenal dengan serial komiknya, “Ms. Marvel”, menampilkan seorang remaja muslim yang menjadi pahlawan super. Ms. Marvel memenangkan Hugo penghargaan untuk Novel Grafis terbaik tahun 2015.  Wilson memiliki menerima banyak penghargaan dan nominasi sepanjang kariernya dan saat ini berkontribusi pada seri buku komik “Sandman” karya Neil Gaiman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.