Sukses

10 Inspirasi Model Baju Kebaya Berhijab ala Publik Figur, Lesti Kejora hingga Arafah Rianti

Kebaya identik dengan busana perempuan Indonesia. Biasanya perempuan mengenakan kebaya dalam acara-acara khusus, misal saat pernikahan, wisuda, atau acara-acara penting lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Kebaya identik dengan busana perempuan Indonesia. Biasanya perempuan mengenakan kebaya dalam acara-acara khusus, misal saat pernikahan, wisuda, atau acara-acara penting lainnya.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) V, definisi kebaya adalah baju perempuan bagian atas, berlengan panjang, dipakai dengan kain panjang. 

Menurut desainer Musa Widyatmodjo, kebaya adalah pakaian atas wanita Indonesia. Dalam bahasa sehari-harinya disebut blus. “Biasanya harus terbuka di depan, jadi bukan yang terbuka di belakang," katanya seperti dikutip dari kanal Lifestyle Liputan6.com, Selasa (25/10/2022).

Dulu model kebaya hanya ada beberapa, seperti Kebaya Kartini, Kebaya Kutubaru, hingga Kebaya Sunda. Namun, seiring berkembangnya zaman banyak model kebaya baru yang bermunculan. Misalnya, kebaya dengan bordir warna-warni seperti peranakan Tionghoa yang biasa disebut Kebaya Encim atau Kebaya Nona.

"Ada juga kebaya putih yang digabungkan dengan renda-renda putih itu kita sebut sebagai Kebaya Noni. Sebetulnya itu saja kalau melihat secara tradisi budaya kebaya itu sendiri," terang Musa.

Selain itu, model-model kebaya yang cocok saat mengenakan hijab juga semakin banyak bermunculan. Desainnya pun tak kalah keren. Bahkan, banyak public figure yang tampil anggun pakai kebaya dengan tetap mempertahankan hijabnya, seperti Lesti Kejora, Citra Kirana, hingga Arafah Rianti.

Berikut gaya public figure yang tampil menawan saat mengenakan kebaya berhijab. Bisa jadi inspirasi untuk muslimah Indonesia.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Model kebaya berhijab serba putih seperti dipakai Lesti Kejora ini bisa jadi inspirasi saat prosesi akad nikah.

3 dari 11 halaman

2. Model kebaya seperti Juliana Moechtar ini tetap tampil menawan dengan hijab.

4 dari 11 halaman

3. Model kebaya seperti selebgram hijabers Dianty mengenakan kombinasi kebaya bordir warna pink yang dipadukan dengan kain songket.

5 dari 11 halaman

4. Kebaya model seperti ini membuat selebgram Ansellma Putri semakin tampil memesona.

6 dari 11 halaman

5. Kebaya akad pernikahan serba putih seperti Citra Kirana juga cocok buat kamu.

7 dari 11 halaman

6. Saat wisuda, selebgram Dwi Handayani memilih kebaya dusty pink dengan bordir bunga dan pita.

8 dari 11 halaman

7. Selebgram Astri Ratnasari tampil menawan dengan kebaya full payet warna lilac dengan detail tangan serut.

9 dari 11 halaman

8. Eks member Cherrybelle ini tampil cantik berbalut kebaya dress nuansa biru dan pink pastel.

10 dari 11 halaman

9. Penyanyi Fatin Shidqia tampil manis dengan kebaya brokat berwarna baby prink saat wisuda.

11 dari 11 halaman

10. Kebaya berpayet warna pink pastel seperti dipakai Arafah Rianti cocok saat momen wisuda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.