Sukses

5 Peristiwa Besar pada Bulan Rabiul Akhir yang Tercatat dalam Sejarah Islam

Liputan6.com, Bogor - Rabiul Akhir adalah bulan keempat dalam kalender Hijriyah. Tepatnya setelah bulan Rabiul Awal dan sebelum Jumadil Ula.

Pada zaman Jahiliyah, bulan Rabiul Awal disebut dengan Wubshan atau Wabshan. Adapun yang memberikan nama Rabiul Akhir sebagai menurut satu pendapat adalah Kilab bin Murrah.

Mengutip laman NU, penamaan Rabiul Akhir tidak terlepas dari peristiwa alam musim semi yang terjadi di jazirah Arab. Pada musim tersebut tanaman tumbuh subur, rerumputan menghijau, dan banyak pepohonan yang berbuah.

Musim tersebut umumnya terjadi selama dua bulan. Maka dari itu ada Rabiul Awal dan Rabiul Akhir 

Pada bulan Rabiul Akhir ada beberapa peristiwa besar yang pernah terjadi dalam sejarah Islam. Mengutip Umma.id, peristiwa besar tersebut antara lain sebagai berikut.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Diturunkannya Surah Al-Hasyr

Surah Al-Hasyr adalah surah ke-59 dalam kitab suci Al-Qur’an yang terdiri dari 24 ayat. Surah yang berarti pengusiran ini diturunkan di Madinah atau setelah Rasulullah SAW hijrah ke Madinah.

Dalam surah ini diterangkan tentang pengusiran terhadap kaum Yahudi bani Nadhir yang terjadi pada tahun ke-4 Hijriyah. Sebab pengusiran ini karena Bani Nadhir mencoba untuk melakukan pembunuhan terhadap Rasulullah SAW dan melakukan tipu daya muslihat dalam bidang ekonomi.

2. Upaya Pembunuhan Rasulullah SAW oleh Bani Nadhir

Rasulullah SAW bersama sepuluh orang sahabatnya meminta kaum Bani Nadhir menanggung pembayaran diyah dua orang yang terbunuh sesuai perjanjian. Namun, beberapa di antara kaum Bani Nadhir berupaya untuk membunuh Rasulullah SAW bersama sahabatnya.

Rasulullah SAW mendapat ilham tentang upaya mereka, lantas bersama sahabatnya kembali pulang ke Madinah. Lalu memerintahkan para sahabatnya agar bersiap-siap melawan Bani Nadhir.

3 dari 4 halaman

3. Perang Al-Ghabah dan Al-Ghamar

Perang Al-Ghabah terjadi pada tahun ke-6 Hijriyah. Perang ini  dipimpin langsung oleh Rasulullah SAW. Perang ini terjadi karena Unaynah bin Hizn Al Farisi ingin merampas unta-unta Rasulullah SAW di Al Ghabah.

Pada Rabiul Akhir juga pernah terjadi perang Al-Ghamar. Perang ini terjadi ketika Rasulullah SAW menyerang kabilah Bani Asad. Perang dipimpin oleh Ukkasyah bin Mishan.

4. Perang Damsyik

Perang Damsyik terjadi pada tahun 14 Hijriyah selama 70 hari di masa pemerintahan Abu Bakar ash-Shiddiq. Perang ini ditujukan untuk menghancurkan Kota Damsyik.

Pasukan Islam yang berjumlah 25.000 orang dipimpin oleh Khalid bin Walid dan Ubaidah bin Jarrah. Meski pasukan Islam melawan pasukan Romawi yang berjumlah 80.000 orang, kemenangan diraih di pasukan Islam.

4 dari 4 halaman

5. Perang Jamal

Perang Jamal terjadi pada tahun 36 Hiriyah atau 656 Masehi di sekitar Bashrah. Perang terjadi karena ingin membalas pembunuhan atas Utsman bin Affan.

Disebut perang Jamal karena dalam peperangan ini Aisyah menaiki unta berambut merah. Namun dalam peperangan ini Aisyah ditangkap. Kemudian ia dibebaskan secara terhormat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS