Sukses

Jangan Khawatir, Pemerintah Dampingi Jemaah Haji yang Sakit dan Masih Dirawat di Arab Saudi

Pemerintah Indonesia memastikan akan memberi pendampingan bagi 11 jemaah haji yang sakit dan masih dirawat di Arab Saudi

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia memastikan akan memberi pendampingan bagi 11 jemaah haji yang sakit dan masih dirawat di Arab Saudi melalui Kantor Urusan Haji Jeddah sampai mereka dapat dipulangkan ke Tanah Air.

"Pemerintah memastikan seluruh biaya jamaah sakit dijamin oleh Pemerintah Indonesia," ujar Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kementerian Agama Akhmad Fauzin dalam konferensi pers penyelenggaraan haji, di Jakarta, Sabtu malam, dikutip Antara.

Akhmad mengatakan 11 jemaah haji sakit itu 10 di antaranya dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi dan satu orang dirawat di Klinik Kesehatan Indonesia.

Keluarga dapat mengikuti perkembangan kesehatan jamaah yang sakit melalui kantor Kementerian Agama kota/kabupaten maupun Kanwil Provinsi masing-masing.

"Marilah bersama-sama kita doakan agar jamaah sakit segera diberikan kesembuhan dan segera dipulangkan ke domisilinya masing-masing," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

89 Jemaah Wafat di Tanah Suci

Di samping itu, jamaah haji yang sudah tiba di Indonesia sebanyak 92.154 orang. Pada Sabtu ini akan dipulangkan tiga kelompok terbang terakhir ke dua debarkasi yakni Balikpapan dan Solo sebanyak 830 orang.

Adapun rinciannya, Balikpapan (BPN) satu kelompok terbang dengan jumlah jamaah dan petugas 110 orang dan Solo (SOC) dua kelompok terbang dengan jumlah jamaah dan petugas sebanyak 720 orang.

Selain jamaah yang dirawat, tercatat sebanyak 89 jamaah haji dinyatakan wafat di Tanah Suci. Dengan rincian, 27 wafat pada masa pra Armuzna (Arafah, Muzdalifah, dan Mina) rentang 4 Juni-7 Juli 2022, 16 jamaah wafat pada masa Armuzna pada 8–12 Juli 2022. Sementara 46 jamaah lainnya dinyatakan wafat pada masa setelah puncak haji Armuzna, 13 Juli sampai sekarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.